Tomat Hampir Busuk? Yuk, Diolah Saja!


Pertanianku – Tomat merupakan salah satu buah berwarna merah menyala. Namun, ada juga tomat yang berwarna hijau. Semua orang tentu sudah tidak asing dengan buah merah yang satu ini. Buah tomat dapat dikonsumsi dalam keadaan segar, dibuat jus, ataupun sebagai penyedap pada sebuah masakan.

Seperti yang kita tahu, tomat termasuk salah satu buah yang tidak bisa disimpan terlalu lama. Pasalnya, jika disimpan terlalu lama tomat dengan sendirinya akan busuk. Tapi, ternyata hal tersebut bisa dicegah.

Usia simpan tomat tidak panjang. Oleh karena itu, harus segera digunakan. Jika punya stok tomat hampir busuk di lemari es, jangan langsung membuangnya, manfaatkan jadi olahan.

Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengolah tomat berkualitas rendah atau hampir membusuk. Yang harus Anda lakukan untuk membuatnya layak santap adalah dengan membelahnya kemudian memerciki dengan minyak zaitun lalu taburi dengan garam dan merica.

Langkah pertama, belah buah tomat lalu tata di atas loyang kawat. Panggang dalam oven bersuhu 200°C hingga kering. Gunakan tomat ini sebagai campuran saus salsa. Efek rasa panggangan akan membuat saus salsa memiliki sensasi berbeda.

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengolah tomat dengan teknik confit dalam oven bersuhu 325°C selama satu jam. Olahan tomat ini bisa jadi bahan pelengkap untuk suguhan steak panggang yang lezat.

Baca Juga:  Tips Mudah Budidaya Tomat Organik
loading...
loading...