Tomat Sebenarnya Buah Atau Sayur? Ini Penjelasannya!


Pertanianku – Pasti Anda selalu bertanya-tanya bukan sebenarnya tomat termasuk ke dalam buah atau sayuran? Namun, sebagian masyarakat menganggap bahwa tomat adalah buah. Meskipun demikian, secara hukum tomat ternyata dianggap sebagai sayuran. Perdebatan ini kembali muncul setelah Mahkamah Agung Amerika Serikat mengajukan sebuah pertanyaan menggelitik, “Apakah tomat termasuk dalam kategori buah-buahan atau sayuran?”.

Seorang importir buah berpendapat bahwa tomat termasuk dalam kategori buah bukan sayuran yang notabene dikenai pajak impor sebesar 10 persen. Meskipun Mahkamah Agung mengakui secara teknis tomat adalah buah-buahan, mereka tetap mengenakan pajak bagi siapa saja yang melakukan impor komoditas tersebut.

Salah satu pertimbangannya adalah karena tomat merupakan bahan makanan yang paling sering digunakan untuk mengolah berbagai jenis hidangan lezat seperti, salad, sup, sandwich, es krim, dan beragam makanan pencuci mulut.

Atas dasar itulah pihak Mahkamah Agung secara legal (hukum) memasukkan tomat ke dalam kategori sayuran, bukan buah-buahan sebagaimana melansir The Daily Meal.

Baca Juga:  Batang Pepaya Dijadikan Keripik, Bagaimana Rasanya Ya?
loading...
loading...