Tongkol Jagung Sumut Diminati Pasar Jepang

Pertanianku — Saat ini, sudah banyak yang menyadari bahwa tongkol jagung memiliki ragam manfaat yang sangat berguna bagi manusia. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan memfasilitasi ekspor 135 ton produk samping jagung berupa tongkol kering senilai Rp266 juta ke Jepang (31/8).

tongkol jagung
Foto: Pixabay

Kepala Karantina Pertanian Belawan, Hasrul mengatakan, sejak Januari hingga Agustus 2019, total eksportasi tongkol jagung kering mencapai 1.000 ton.

“Nilai ekonominya mencapai Rp2 miliar. Produk tersebut telah memenuhi persyaratan teknis dan makin diminati pasar ekspor,” kata dia, saat menyerahkan Phytosanitary Certificate (PC) kepada eksportir, seperti dilansir Republika.

Loading...

Sementara menurut eksportirnya, Junaedi, perusahaannya memperoleh tongkol jagung dari petani di daerah Deli Serdang dan Tanah Karo. Pengolahan yang dilakukan adalah menggilingnya dengan ukuran 30 mm, dan dijemur hingga kadar airnya 14 persen. Setelah itu, kembali digiling dengan ukuran 4—8 mm dan terakhir dipres dan dikemas dalam karung.

Junaedi menjelaskan, jagung merupakan salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat terpenting di dunia. Selain bijian jagung, tongkolnya pun tidak kalah bermanfaat. Tongkol jagung digunakan sebagai pakan ternak, bahan kuliner, pengganti bahan plastik, kerajinan, bahan bakar serta pengganti bahan bakar gas.

Badan Karantina Pertanian (Barantan) selaku otoritas karantina melakukan serangkaian tindakan karantina guna memastikan produk ekspor ini sehat dan aman sehingga memiliki daya saing di pasar global.

“Kita apresiasi pelaku usaha yang telah membuat tongkol jagung yang biasanya terbuang begitu saja kini dapat menjadi penyumbang devisa negara sebagai produk ekspor,” kata Hasrul.

Tongkol jagung kering adalah komoditas baru atau emerging product yang diharapkan terus bertumbuh menjadi produk unggulan ekspor baru asal Sumatra Utara. Karantina Pertanian Belawan telah menyiapkan inovasi layanan One Click One Go dan Pojok Ekspor.

Baca Juga:  Atasi Hama Kutu kebul pada Tanaman Kedelai dengan Cara Ini

Kedua layanan ini  disiapkan untuk para eksportir asal Sumatra Utara guna mendapatkan layanan serta perdampingan pemenuhan persyaratan teknis ekspor, yaitu Sanitary and Phytosanitary.

Loading...
Loading...