Tremella Mesenterica, Jamur Mentega Nenek Sihir


Pertanianku — Ada begitu banyak jenis jamur di dunia ini. Namun, pernahkah Anda menjumpai jamur mentega? Nama Latinnya Tremella mesenterica. Warnanya kuning, teksturnya lembut, mirip seperti mentega. Banyak orang menyebutnya jamur mentega nenek sihir.

Tremella mesenterica
Foto: Google Image

Mengapa disebut jamur mentega nenek sihir?

Kita sering mendengar dari dongeng bahwa nenek sihir tinggal di dalam hutan. Nah, karena jamur ini terlihat seperti mentega yang menempel di batang pohon di dalam hutan, maka sering disebut menteganya nenek sihir.

Warnanya yang kuning membuat jamur ini mudah terlihat di antara batang-batang pohon yang ada di hutan. Tremella mesenterica akan tumbuh subur ketika musim hujan tiba.

Jamur ini tumbuh di sela-sela kulit batang pohon yang baru jatuh dan juga pada pohon-pohon yang sudah mati. Setelah hujan mengering, jamur ini akan menjadi keras dan keriput, tetapi akan kembali kenyal dan lembut saat terkena hujan lagi.

Apakah jamur jenis ini bisa dimakan atau malah beracun?

Jamur mentega nenek sihir ini bisa dimakan, namun jangan berharap rasanya enak, karena jamur ini memiliki rasa yang hambar. Di Tiongkok, jamur mentega nenek sihir dikonsumsi dengan cara dijadikan sup dan dicampur dengan bahan makanan lainnya.

Jamur mentega nenek sihir bisa tumbuh dengan tinggi 5 sentimeter dan lebar 7,5 sentimeter. Tanaman ini bisa ditemukan di Asia, Afrika, Australia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Selain jamur mentega nenek sihir, jamur ini juga sering disebut jamur otak kuning atau jamur jelly emas.

Baca Juga:  Tikus Ikut Andil pada Kerusakan Terumbu Karang, Kok Bisa?