Tren Bertanam Sayuran di Kota yang Perlu Anda Coba


PertaniankuTren bertanam sayuran di kota mulai diminati masyarakat. Hal ini dipicu oleh semakin meningkatnya kesadaran mereka untuk menjalankan pola hidup sehat dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang higienis dan berkualitas. Penanaman bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti hidroponik, aeroponik, atau akuaponik.

Tren bertanam sayuran di kota
Foto: Shutterstock

Akan tetapi, cara yang lebih banyak digunakan ialah hidroponik. Hidroponik merupakan budidaya atau menanam dengan memanfaatkan air tanpa media tanah. Selain cara budidayanya yang relatif mudah dibanding cara konvensional, hidroponik juga dapat dilakukan di lahan sempit.

Keuntungan lainnya, yaitu hasil budidaya hidroponik memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi bahkan hingga puluhan juta rupiah. Tren tanaman hidroponik yang berkembang di masyarakat perkotaan saat ini, yaitu sayuran dan buah-buahan. Lahan yang digunakan pun hanya dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

Popularitas hidroponik sebagai bisnis kini semakin meningkat. Banyak pelaku usaha yang terjun langsung untuk menggeluti bisnis tersebut. Pasalnya, bisnis hidroponik eksistensinya mampu bertahan dibandingkan dengan bisnis lain. Oleh karena itu, bisnis hidroponik menjadi salah satu bidang usaha yang layak untuk ditekuni.

Dalam bisnis hidroponik ini tidak hanya terpaku pada menanam yang kemudian menjual hasilnya, tetapi bisa juga dimanfaatkan sebagai ladang untuk menjual bibit tanaman, media tanam, serta peralatan dan perlengkapan pendukung budidaya secara hidroponik.

Sementara itu, tanaman yang potensial untuk dibudidayakan di perkotaan dengan lahan tanam yang sempit ialah jenis tanaman sayuran daun, sayuran buah, dan buah-buahan. Jenis sayuran yang paling diburu, yakni cabai timun, kol, selada, tomat.

Selain itu, sayuran hijau yang juga memiliki banyak peminat di antaranya kangkung, bayam, dan caisim. Adapun untuk jenis tanaman buah-buahan yang paling dicari antara lain semangka, melon, pepaya, dan anggur.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Kompos dari Ampas Kopi