Tren Kebun Anggur di Halaman Rumah Makin Dilirik

Pertanianku — Tren memiliki kebun anggur di halaman rumah makin dilirik masyarakat. Bahkan, beberapa pehobi membuat kebun anggur untuk kepentingan komersil. Contohnya seperti salah seorang warga Pangalengan, Kabupaten Bandung, Saleh Suryadi.

kebun anggur di halaman
Foto: Ilustrasi kebun anggur di halam, Pixabay

Mengutip Majalah Trubus, Ale — sapaan akrab Saleh Suryadi — membudidayakan beragam jenis anggur seperti chocolate, beauty, laura, dan favor. Anggur-anggur ini mampu memanjakan lidah dengan cita rasanya yang legit menyegarkan. Cita rasa ini juga cocok dengan lidah masyarakat Indonesia yang menggemari buah manis.

Ale memetik buah anggur hasil budidayanya hingga 40—80 dompol dengan bobot 20—40 kg pada 2018 ini. Panen sebanyak itu bukan kali pertama bagi Ale. Dalam 6 tahun terakhir ia selalu panen anggur di halaman depan rumah seluas 50 m2.

Selesai memanen, Ale biasanya menikmati buah anggur itu bersama keluarga. Ia bahkan berbagi kepada kerabat dan tetangga.

Ia mulai menanam 4 bibit anggur dengan cita rasa manis itu sejak 2011. Bibit tanaman anggota famili Vitaceae itu magori atau panen perdana satu tahun kemudian. Sejak saat itu, Ale rutin memetik anggur segar dari halaman rumahnya yang berada di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Tak hanya di halaman depan rumah, tapi halaman belakang rumah Ale pun menanam 30 bibit anggur pada 2015, dan jumlah itu terus bertambah. Kini, Ale menanam total 60 bibit anggur di halaman depan dan belakang rumahnya.

Langkah Ale menjadikan halaman sebagai kebun anggur membuktikan bahwa menanam bisa dilakukan di mana saja, sekalipun itu di halaman sempit.

Baca Juga:  Syarat Pertanian Organik Ini Wajib Anda Tahu
Loading...