Trik agar Tanaman Anggur Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat di Pekarangan

PertaniankuTanaman anggur terkenal cukup mudah dibudidayakan di pekarangan rumah. Anda bisa memilih tanaman ini untuk mempercantik dan menyejukkan pekarangan rumah. Meskipun terkenal mudah dan bisa berkembang biak di berbagai jenis tanah, tanaman anggur juga memerlukan trik khusus agar mampu berbuah lebat. Berikut ini trik yang dapat menjadikan tanaman anggur tumbuh subur dan berbuah lebat.

tanaman anggur
foto: unsplash

Si cantik yang menyenangi sinar matahari

Anggur merupakan tanaman buah yang menyukai sinar matahari penuh sepanjang hari. Oleh karena itu, pastikan lokasi menanam yang Anda pilih bisa mendapatkan sinar matahari secara penuh. Jangan pilih lokasi yang banyak pohon besar karena kemungkinan besar tanaman akan ternaungi, kondisi tesebut tidak mampu mendukung tanaman untuk tumbuh subur.

Perhatikan arah mata angin

Pertumbuhan tanaman juga dipengaruhi oleh sudut datang cahaya. Hal tersebut dapat mendukung tanaman untuk menerima sinar matahari secara optimal. Biasanya, anggur ditanam membentang dari arah utara ke selatan.

Gunakan seni

Menanam anggur juga membutuhkan seni tersendiri karena anggur merupakan tanaman merambat. Kondisi batang yang merambat bisa Anda manfaatkan untuk mengkreasikan tanaman menjadi bentuk yang indah. Tanaman anggur yang dirangkai dengan seni bisa menampilkan keindahan karena bentuk buah yang menawan berpadu dengan rangkaian tanaman yang indah.

Anggur tidak suka banjir dan hujan

Anggur yang ditanam di pekarangan rentan terkena hujan dan banjir. Buah manis ini tidak menyukai genangan air. Oleh karena itu, Anda harus memastikan pekarangan memiliki sistem drainase yang baik.

Hujan dapat memberikan pengaruh yang kurang baik terhadap pembuahan anggur. Solusi untuk mengatasi masalah ini ialah menanam anggur di waktu yang tepat agar tanaman tidak berbuah pada saat intensitas curah hujan sedang tinggi.

Baca Juga:  Jangan Langsung Dibuang, Biji Nangka Bisa Jadi Obat Kulit

Pada dasarnya tanaman anggur akan tumbuh dan berproduksi sesuai dengan perlakuan yang Anda berikan. Apabila Anda merawatnya dengan baik, tanaman ini pun akan memberikan hasil yang terbaik.

Serba-serbi tentang tanaman anggur bisa Anda ketahui melalui buku Bertanam Anggur di Pekarangan. Buku ini sangat cocok untuk Anda yang sedang belajar menanam anggur. Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke toko resmi Penebar Swadaya di Shopee.