Trik Beternak Domba untuk Hasilkan Jutaan Rupiah

Pertanianku — Beternak domba dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi. Hal ini dikarenakan permintaan pasar akan domba cukup tinggi namun masih sedikit yang mengembangbiakkan domba. Nah, Anda membutuhkan trik beternak domba agar bisnis berjalan lancar dan menghasilkan uang jutaan rupiah.

trik beternak domba
Foto: Pixabay

Mencoba menggeluti usaha beternak domba memang gampang-gampang susah. Namun, yang terpenting jika ingin terjun di dunia usaha adalah kemauan berkomitmen dan kerja keras. Dalam menjalankan usaha beternak domba butuh kesabaran dan ketelatenan supaya usaha beternak domba dapat berjalan lancar dan membuahkan hasil yang menguntungkan.

Untuk memulai usaha beternak domba, Anda tidak membutuhkan modal dengan jumlah yang banyak. Mengenai cara perawatan dan pemeliharaan dombanya pun dapat dilakukan dengan mudah, seperti berikut ini.

Loading...
  1. Memilih bibit domba unggul

Cara beternak domba diawali dengan pemilihan bibit domba yang unggul baik. Hal ini dikarenakan pemilihan bibit domba merupakan faktor penting dalam memproduksi domba-domba dengan kualitas tinggi. Untuk indukan betinanya, Anda dapat memilih yang sehat dengan ciri sebagai berikut.

  • Badan domba besar, panjang, dan simetris
  • Selaput matanya tidak pucat
  • Badannya tidak kegemukan (sedang)
  • Bulu tidak kusam dan kaku
  • Tidak cacat, ekor normal dan bentuk perut normal
  • Memiliki ambing besar, puting susu lengkap, dan tidak berpenyakit
  • Umur sekitar 1,5—2 tahun
  • Nafsu kawin yang tinggi

Untuk indukan jantan, juga pilih yang sehat dengan ciri yang hampir sama seperti indukan betina. Hanya ada beberapa perbedaan dalam memilih indukan jantan antara lain pilih yang memiliki cuping hidung lembap, adanya sepasang testis berbentuk normal, memiliki tonjolan tulang kaki yang besar, serta berasal dari induk yang dulunya melahirkan anak lebih dari 2 ekor.

  1. Menyediakan kandang domba
Baca Juga:  Cara Ampuh Memikat Burung Walet Supaya Mau Bersarang

Langkah berikutnya adalah membuat kandang domba yang baik. Kandang terbuat dari kayu dan harus kuat, kokoh. Pastikan kandang mendapat sinar matahari yang cukup, ada ventilasi, dan terhindar dari banjir, serta mudah untuk dibersihkan. Buat lubang untuk penampungan kotoran dan saluran pembuangan pada sekitar kandang.

Sediakan tempat pakan dan minum. Beri lampu untuk penerangan. Sediakan ember, sekop, sapu, sikat, tali, dan selang air untuk perlengkapan kebersihannya. Kemudian, sediakan alat kesehatan dan timbangan.

  1. Menyediakan pakan domba

Pemberian pakan pada domba harus sesuai dan memenuhi kebutuhannya. Pakan yang diberikan harus mengandung zat protein, karbohidrat, mineral, lemak, vitamin, dan air. Perlu Anda ketahui bahwa domba umumnya mengonsumsi pakan sekitar 10—20 persen dari bobot tubuhnya dan minum sebanyak 3—4 liter/hari. Pakan domba sendiri terdiri atas 2 macam, yakni pakan hijauan (rumput dan dedaunan) dan pakan konsentrat. Selain itu, berikan suplemen organik untuk domba.

  1. Pemeliharaan ternak domba

Dalam perawatan dan pemeliharaan domba yang harus diperhatikan pertama kali adalah kebersihan kandang dan sekitarnya. Hal ini bertujuan menjaga kesehatan domba yang diternakkan supaya terhindar dari wabah penyakit. Selain itu, domba pun harus dibersihkan. Berikut ini cara membersihkan domba dan lingkungannya.

  • Mandikan domba sekitar seminggu sekali
  • Cukurlah bulu domba untuk mencegah bulu menggumpal/gembel
  • Potong juga kuku domba yang panjang agar terhindar dari kontaminasi bakteri
  • Bersihkan kandang dari kotoran domba dan sisa pakannya
  • Semprotkan disinfektan pada lingkungan sekitar kandang
  • Cek dengan rutin gudang penyimpanan pakan untuk menghindari tumbuhnya jamur
Loading...
Loading...