Trik Jitu Budidaya dan Bisnis Kroto

Pertanianku — Kroto merupakan telur dari semut rangrang yang biasa dimanfaatkan sebagai pakan hewan peliharaan seperti burung kicau. Saat ini, bisnis kroto merupakan bisnis yang menjanjikan. Sebab, populasi kroto di alam sudah mulai susah untuk didapatkan, padahal permintaan terhadap kroto semakin bertambah.

bisnis kroto
foto: pertanianku

Telur semut atau kroto mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh burung kicauan, seperti bermanfaat untuk menambah kualitas kicauan burung menjadi lebih merdu dan membuat bulu burung menjadi lebih mengilap. Oleh karena itu, ketahui trik jitu budidaya dan bisnis kroto agar usaha Anda sukses.

Pakan yang baik

Loading...

Salah satu kunci kesuksesan dari bisnis peternakan adalah penggunaan pakan yang baik. Begitu pun dengan bisnis kroto. Anda harus memerhatikan kebutuhan pakan, baik padat maupun cair harus selalu tersedia untuk semut dalam jumlah yang mencukupi. Jika kekurangan pakan, semut akan berusaha kabur dengan cara menjatuhkan diri dari rak dan tidak bisa kembali.

Pakan yang sudah habis harus segera diisi kembali. Pakan biasanya diberikan sebanyak 2—4 hari sekali.

Simpan dengan baik stok pakan

Anda bisa menghemat biaya transportasi untuk pembelian pakan dengan cara menyimpan pakan dengan baik. Pakan yang biasanya digunakan adalah ulat hongkong. Pakan ini bisa disimpan dalam wadah terbuka seperti rak kayu yang sudah diberi pembatas pada tiap sisinya. Berikan pola pakan secara teratur agar ulat tetap hidup.

Selain ulat hongkong, Anda bisa memberikan jangkrik yang disimpan dalam wadah terbuka dengan diberi pengaman seperti lakban di sekliling dinding bagian dalam wadah agar jangkrik tidak bisa kabur.

Mendapatkan koloni dalam jumlah banyak

Agar Anda bisa mendapatkan koloni dalam jumlah banyak, pada panen perdana biarkan koloni berkembang biak terlebih dahulu hingga 5—6 generasi. Pembentukan satu generasi akan berlangsung selama 15—20 hari. Setelah itu, kroto sudah bisa dipanen rutin.

Baca Juga:  Cara Membuat Media Ternak Cacing Tanah

Pemasaran kroto

Kroto bisa dipasarkan secara mandiri langsung ke toko yang menjual berbagai kebutuhan untuk hobiis burung atau toko penyedia kroto. Jika pemasaran dilakukan mandiri, usahakan panen dilakukan secara rutin agar tidak kehilangan pelanggan.

Bermitra dengan peternak kroto senior

Biasanya pembudidaya kroto senior akan membuka sistem mitra kepada para peternak kroto yang baru mulai. Hal ini dapat menguntungkan Anda yang baru saja memulai. Anda bisa fokus untuk belajar budidaya dan bisnis kroto.

 

Loading...
Loading...