Trik Jitu Cegah Hewan Peliharaan Merusak Pekarangan Rumah


Pertanianku – Memiliki hewan peliharaan memang menyenangkan bukan? Tingkah polahnya memang lucu, tetapi kadang juga bikin rumah jadi berantakan, furnitur menjadi rusak akibat digigit atau dicakar hingga halaman rumah pun ikut jadi korban.

Trik Jitu Cegah Hewan Peliharaan Merusak Pekarangan Rumah

Kucing dan anjing memang memiliki hobi membuang kotoran, menggali tanah, dan merusak tanaman. Akibatnya, halaman yang sudah dirawat pun jadi berantakan.

Anda yang tidak punya hewan peliharaan pun kadang kena getahnya. Misalnya, kucing tetangga yang sering berkunjung dan mengklaim halaman rumah Anda sebagai area kekuasaannya. Jika hal ini sudah terjadi, mereka pun tidak segan-segan mengacak-acak hinggga membuang kotoran di sana. Namun, jangan khawatir, ada cara untuk mengatasinya. Berikut penjelasannya.

Siapkan bak pasir

Anjing dan kucing memang sama-sama punya hobi menggali. Dan mereka selalu tertarik jika area galiannya kering dan materialnya ringan seperti pasir. Jadi, daripada mereka merusak tanah di halaman rumah, ada baiknya Anda menyediakan bak pasir di lokasi tersebut sehingga mereka punya tempat untuk menggali dan membuang kotorannya.

Tanam tumbuhan berbatang besar

Sebaiknya, Anda tidak menanam bunga atau tanaman yang pendek sehingga mudah digapai oleh hewan-hewan peliharaan. Hindari menaman tumbuhan rapuh yang berisiko tercabut hingga akarnya. Jadi, sebaiknya tanam saja tumbuhan berbatang besar dan bertubuh tinggi seperti cemara udang atau kamboja. Jika Anda tetap ingin memiliki tanaman hias, pot gantung bisa jadi pilihan.

Jangan buang kulit jeruk

Jangan buang kulit jeruk atau lemon yang sudah Anda santap. Iris tipis kulitnya atau cacah hingga halus, lalu sebarkan di halaman rumah Anda. Bau segar lemon atau jeruk akan membuat kucing dan anjing enggan menyambangi halaman rumah Anda.

Siram halaman rumah dua kali sehari

Baca Juga:  Anjing Ini Punya Lidah Paling Panjang

Rumput atau tanah yang basah membuat kucing dan anjing enggan menginjaknya karena menimbulkan rasa lembap dan basah. Siramlah halaman rumah dua kali sehari dengan selang air hingga seluruh permukaannya basah merata. Manfaat lainnya, air juga membantu mengurangi debu yang ada di permukaan halaman rumah Anda.

Tanaman yang tidak disukai hewan

Beberapa jenis tanaman yang beraroma menyengat biasanya tidak disukai hewan, terutama kucing. Mereka akan memilih mencari tempat lainnya dibanding harus menginjak halaman rumah Anda. Tanaman yang berbau menyengat adalah tanaman yang biasanya digunakan untuk bumbu dapur seperti bawang atau serai.

loading...
loading...