Trik Makan Buah yang Lebih Sehat

Pertanianku — Buah sering dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi jus. Namun, tahukah Anda, ada cara makan buah lainnya yang lebih menyehatkan, yaitu dengan tidak langsung mengunyah dan menelan buah yang sedang dikonsumsi. Cara makan buah ini dapat membuat penyerapan nutrisi yang ada di dalam buah. Saat buah ditahan sebentar di dalam mulut, potongan buah akan tercampur dengan air liur. Setelah itu, barulah ditelan.

cara makan buah
foto: PIxabay

Air liur mengandung enzim ptyalin. Enzim tersebut dapat memudahkan fungsi pencernaan. Oleh karena itu, nutrisi yang berada di dalam buah lebih mudah diserap dengan baik. Mengonsumsi buah dengan cara ini dapat menghindari gangguan perut kembung dan mulas.

Bagi yang mengonsumsi buah dengan cara dibuat jus, kini saatnya membuat jus yang mempunyai cita rasa tinggi dan menggugah selera sehingga membuat Anda rutin mengonsumsinya setiap hari. Namun, beberapa buah memberikan rasa yang kurang enak. Untuk itu, perlu dicampurkan bahan lain yang bisa memberikan rasa jus lebih enak dan menyenangkan. Contohnya, air jeruk lemon atau jeruk nipis.

Anda bisa menambahkan sensasi gurih pada jus dengan menggunakan kacang tanah, kacang mete, almond, atau kenari. Sebenarnya, biji-bijian tersebut mengandung banyak lemak, tetapi kandungan lemaknya tidak akan menghambat pencernaan nutrisi dalam jus buah. Lemak yang terkandung justru cenderung mudah dicerna dan bisa langsung diedarkan di dalam darah. Yang terpenting, kacang tersebut sudah dikupas dari kulitnya dan dipanggang atau disangrai.

Jus buah semakin sehat bila Anda tidak menggunakan gula sebagai pemanisnya. Anda bisa menggantikan peran gula dengan madu asli. Madu terkenal lebih kaya zat gizi sehingga bagus untuk kesehatan. Selain madu, Anda juga bisa mengandalkan rasa manis dari buah-buahan yang berasa manis seperti kurma.

Baca Juga:  Mengenal Bambu Lamina, Diversifikasi untuk Solusi Kelangkaan Kayu

Buah sangat berguna untuk mencegah penyakit berbahaya. Namun, manfaat dari mengonsumsi buah tak hanya sampai di situ. Buah juga bisa menjadi sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, menambah asupan serat pangan yang sangat baik, mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes, serta menjaga berat badan agar tetap ideal.

Untuk mendapatkan manfaat makan buah yang lebih optimal, sebaiknya Anda tidak hanya mengonsumsi satu jenis buah atau sayuran. Anda perlu mengombinasikan jenis-jenis buah yang dikonsumsi setiap hari.