Trik Membuat Domba Betina Birahi

Pertanianku— Salah satu syarat untuk mengawinkan domba adalah induk domba telah mengalami birahi. Induk betina birahi selama 30—40  jam dan perkawinan baru bisa dilakukan sehari setelah birahi terjadi. Ternyata, ada trik khusus untuk memancing domba betina birahi.

domba betina birahi
foto: Pertanianku

Trik tersebut sering digunakan oleh peternak domba untuk menyerempakkan masa birahi sehingga proses perkawinan bisa dilangsungkan sekaligus dengan beberapa induk domba. Jadi, peternak mampu mengatur produktivitas induk sehingga induk-induk betina dapat menghasilkan anak-anak domba dengan umur sebaya.

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk merangsang domba betina birahi secara bersamaan. Simak ulasannya di bawah ini!

Menggunakan hormon

Hormon dapat disuntikkan ke tubuh domba, dicampur dengan pakan penguat, atau dimasukkan ke vulva. Hormon yang digunakan adalah progesterone dan prostaglandin. Namun, tidak semua domba bisa diberikan hormon, peternak harus memerhatikan kondisi kesehatan induk domba terlebih dahulu. Pastikan domba telah melewati masa pascamelahirkan atau sekitar tiga bulan setelah melahirkan.

Merangsang dengan pejantan

Domba jantan yang dimasukkan ke kelompok betina kemungkinan besar dapat menyebabkan betina birahi secara serempak. Namun, domba jantan tersebut harus dipelihara secara terpisah terlebih dahulu. Jika jantan sudah dipelihara di dalam satu kandang bersama betina, mustahil dapat terjadi birahi secara serempak.

Kehadiran pejantan yang secara tiba-tiba ke dalam kandang dapat membuat rangsangan fisiologis dalam bentuk proses perilaku reproduksi, seperti aktivitas birahi dan ovulasi. Rangsangan tersebut biasanya berasal dari bau, suara, dan fisik pejantan.

Metode inseminasi buatan dan sinar laser

Metode ini terbilang cukup rumit karena memerlukan peralatan yang canggih dan mahal. Namun, hasil dari metode ini terbilang lebih ekonomis dibanding metode pemberian hormon karena alat tersebut bisa digunakan untuk ratusan domba tanpa memerlukan tambahan biaya lagi. Berbeda dengan hormon, peternak harus menyediakan hormon sesuai dengan jumlah induk domba yang akan dirangsang.

Baca Juga:  Menyusun Formula Pakan Sapi Potong dengan Metode Segi Empat Pearson

Inseminasi juga dapat dilakukan dengan sinar laser yang menyinari titik-titik tertentu yang mampu merangsang domba. Biasanya, penyinaran dilakukan di titik esterus, titik ovarium, titik uterus, dan titik hormonal.

 


loading...