Trik Membuat Tanaman Darat Menjadi Tanaman Air


Pertanianku — Pertanian kini telah mengalami perkembangan. Anda bahkan bisa membuat tanaman darat menjadi tanaman air. Prinsipnya adalah tidak langsung menenggelamkan atau mengisi wadah dengan air penuh hingga tanaman tenggelam di dalam air. Sebab, tidak semua jenis tanaman bisa dimasukkan di dalam air dengan kondisi tenggelam.

tanaman darat menjadi tanaman air
Foto: Google Image

Biasanya, kita akan menggunakan akuarium untuk menanam tanaman darat dan mengubahnya menjadi tanaman air. Menanam serta menghias tanaman di dalam akuarium dinamakan seni aquascaping. Nah, berikut ini cara membuat tanaman darat menjadi tanaman air dengan metode aquascaping termudah.

  1. Seleksi tanaman

Pemilihan dan penempatan tanaman yang benar akan menghasilkan aquascape yang menarik. Ada berbagai macam tanaman yang dapat digunakan untuk membuat tampilan ideal Anda. Ketika Anda memilih tanaman di toko, ingatlah bahwa mereka dapat terlihat sangat berbeda sebagai tanaman dewasa.

Hanya karena Anda telah membeli tanaman kecil, tidak berarti bahwa itu akan tetap kecil. Pastikan Anda tahu seberapa tinggi pertumbuhannya. Ingat pula bahwa tidak semua tanaman darat bisa ditenggelamkan sepenuhnya.

  1. Kesederhanaan

Sangat sering orang tergoda untuk memasukkan sebanyak mungkin jenis tanaman. Berpikir bahwa ini akan memastikan variasi visual yang hebat. Akan tetapi, sebagian besar hasilnya justru sebaliknya. Menjaga kesederhanaan tidak berarti hanya menggunakan satu jenis tanaman.

  1. Tingkat proporsi

Sangat penting untuk memberikan rasa selaras dengan tangki Anda,. Jadi cobalah untuk memiliki ruang terbuka sebanyak ruang yang terisi. Hindari hanya menggunakan tanaman daun besar karena mereka mengambil proporsi dan kedalaman aquascape Anda.

  1. Pencahayaan

Pencahayaan dianggap sebagai hal vital yang berfungsi dari akuarium. Jangan sampai nantinya tanaman darat yang Anda coba tanam di air menjadi mati karena kurangnya pencahayaan.

  1. Karbon dioksida
Baca Juga:  Peran Penting Budidaya Tanaman Hias untuk Lingkungan

Sistem CO2 mungkin sedikit mahal, tetapi mereka sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Tidak ada tanaman yang tumbuh tanpa karbon dioksida. Mereka yang benar-benar bersemangat tentang aquascaping berpikir untuk jangka panjang dan tahu bahwa membeli sistem CO2 memungkinkan untuk menanam tanaman di dalam akuarium secara maksimal.

  1. Pupuk cair

Tergantung pada pencahayaan dan sistem CO2 akuarium, ada dua jenis pupuk yang dapat Anda gunakan untuk menjaga tanaman tetap sehat, yakni makronutrien dan mikronutrien. Mereka berdua perlu digunakan dengan dosis yang tepat untuk menciptakan lingkungan akuatik yang tepat.

  1. Substrat

Tanaman aquascape memberi makan tidak hanya melalui daun mereka, mereka juga memberi makan melalui akar mereka. Oleh karena itu, pemilihan substrat akuakultur sangatlah penting. Tergantung pada tanaman yang Anda ingin tanam, latar depan yang kecil, latar belakang tinggi dan lainnya, substrat yang tepat akan memastikan ukuran, perkembangan dan warna yang tepat.