Trik Memilih Buah Durian Antigagal

Pertanianku Memilih buah durian memang gampang-gampang susah. Jika tidak terbiasa mengonsumsi buah yang satu ini, Anda dapat menjadi ‘mangsa’ pedagang nakal yang menawarkan durian dengan kualitas kurang baik. Ada baiknya Anda mulai mengenali ciri durian matang dan juga cara membelahnya sekaligus.

Memilih buah durian
Foto: freepik

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam memilih buah durian adalah mencium aroma buah tersebut. Aroma durian yang baik akan tercium menyengat. Meskipun masih tertutup dengan rapat, durian akan mengeluarkan aroma harum ini.

Agar tidak terkelabui, pindahkan durian yang akan Anda pilih ke tempat yang cukup jauh dari durian lainnya. Pastikan durian tersebut masih memiliki aroma manis yang sama kuatnya. Hal ini bisa menjadi bukti bahwa aroma ini memang berasal dari durian tersebut.

Loading...

Selain aroma, fisik buah durian juga menentukan kualitas buah berduri yang satu ini. Durian sendiri memiliki ragam warna yang berbeda-beda. Ada durian yang berwarna kuning, hijau, oranye, hingga kecokelatan.

Dibanding warna, bentuk durian yang sudah matang dan bermutu lebih mudah dilihat dari bentuknya. Pilih durian yang memiliki bentuk lebih bulat, bukan lonjong. Daging buah durian yang berbentuk bulat akan lebih besar dan banyak.

Tangkai pohon durian juga menjadi salah satu karakteristik buah durian tersebut matang pohon atau tidak. Bila durian matang pohon, tidak ditemukan bekas potongan tangkai di bagian atasnya. Sebaliknya bila durian tidak masak di pohon, akan ada bekas potongan tangkai.

Sama seperti buah kebanyakan, buah durian yang masak di pohon lebih sedap dan lebih nikmat. Tangkai ini juga menentukan ketebalan daging durian. Pilihlah yang tangkainya tampak tebal dan pendek. Biasanya, ini menjadi ciri durian yang daging buahnya tebal dan banyak. Jika dijilat, tangkai ini juga akan terasa manis.

Baca Juga:  Manfaat Segelas Jus Sirsak

Tidak hanya tangkai yang pendek, duri durian yang lebih pendek juga menandakan kualitas buah durian yang lebih baik. Duri pada buah durian yang sudah pendek dan tumpul menandakan buah di dalamnya sudah matang.

Memilih buah durian juga harus memerhatikan suara ketukan yang biasanya diperdengarkan oleh penjual. Jika diketuk dengan pisau, durian terdengar nyaring, pertanda durian belum matang. Durian yang sudah matang bunyinya akan lebih teredam.

Terakhir, jangan pilih buah durian yang sudah dibelah. Buah durian yang digunakan sebagai sampel ini biasanya memang manis. Namun, waktu pembelahannya tidak diketahui sehingga rawan terkontaminasi berbagai mikroorganisme.

Loading...
Loading...