Trik Memilih Buah Durian yang Baik

Pertanianku — Siapa yang tidak kenal dengan durian, buah dengan cita rasa dan aroma yang unik. Durian merupakan buah asli Asia Tenggara dan sudah dibudidayakan serta tumbuh liar di hutan-hutan Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Saat musim panen tiba, banyak penjual membuka lapak di pinggir jalan. Harga buah ini terbilang cukup mahal. Oleh karena itu, pembeli tidak akan mau memilih buah durian yang kurang nikmat.

memilih buah durian
foto: Pertanianku

Sayangnya, masih banyak orang yang belum pandai memilih buah durian. Memang diperlukan keahlian khusus untuk menebak buah yang dipilih bagus atau tidak. Keahlian tersebut bisa didapatkan berdasarkan jam terbang dan wawasan ilmu pengetahuan yang Anda miliki tentang durian.

Bagi Anda yang masih belum mengetahui cara memilih buah durian yang lezat, simak caranya di bawah ini!

Tangkai buah durian

Kesegaran buah durian dapat ditentukan dari tangkainya. Buah durian yang sudah jatuh dari pohon akan memiliki tangkai yang mengering. Namun, cara ini cukup sulit dilakukan jika penjual membuang bagian tangkai durian. Apalagi, ada beberapa penjual yang tidak jujur dan mencoba mengecat atau membalut bagian tangkai untuk menghindari pembeli mengenali kesegaran buah dari tangkai.

Goncangkan buah

Kebanyakan pembeli mencari buah durian yang kering dan matang. Ada cara khusus untuk mengetahui kondisi tersebut. Caranya, goncangkan buah dan rasakan getaran kecil pada buah. Isi durian yang lembap akan melekat pada kulit buah. Sementara itu, isi durian yang kering cenderung berpisah dari dinding buah.

Namun, Anda perlu melakukan hal ini secara hati-hati karena duri-duri pada kulitnya bisa melukai tangan.

Jangan memilih buah yang berlubang

Buah durian yang berlubang kemungkinan besar merupakan tanda adanya ulat di dalam buah.  Ulat tersebut menyerang buah dan bertelur di dalam buah, kemudian telur tersebut akan berkembang menjadi larva. Serangan ulat perusak dapat membuat kualitas buah durian menurun.

Baca Juga:  5 Cara Memberikan Pupuk untuk Tanaman