Trik Memilih Ikan Koi yang Bagus

Pertanianku Ikan koi merupakan ikan hias yang sudah sangat populer di dunia. Di Indonesia, peminat ikan dengan corak indah di tubuhnya ini tergolong banyak meskipun harga jualnya terbilang tinggi. Setiap tahunnya, pasti ada saja penambahan angka peminat ikan ini. Bagi pehobi, ikan koi memiliki kelebihan tersendiri yang dapat menarik perhatian.

ikan koi
foto: PIxabay

Di Indonesia, koi sudah menjadi primadona sejak dahulu. Koi dibawa ke Indonesia pada 1981–1982 oleh Dragon Feng dan Hani Moniaga. Salah satu daya tarik koi terletak pada pola warnanya. Secara umum, ada tiga kelompok warna koi yang sering menjadi pemenang, yakni Kohaku, Taisho Sanke, dan Show Sanshoku.

Untuk Anda yang merupakan peminat baru dan ingin membeli ikan koi, pastikan ikan yang Anda pilih berkualitas bagus. Berikut ini beberapa trik yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan koi berkualitas.

Bentuk tubuh ideal

Pilih koi dengan bentuk tubuh ideal, yakni dengan membandingkan antara tinggi tubuh dan panjang tubuh yang idealnya 1:2,3–3. Selain itu, pilih koi yang bentuk tubuhnya bulat, memanjang, tidak terlalu gemuk, memiliki garis punggung yang lurus, sirip dada dan sirip perutnya sama besar, serta memiliki sirip punggung dan sirip ekor yang proporsional dengan tinggi dan panjang tubuh.

Pilih koi yang memiliki bentuk kepala, mata, mulut, dan insang yang proporsional. Perhatikan pula bentuk hidungnya. Sebaiknya, jangan pilih yang terlalu mancung atau terlalu pesek.

Gaya berenang

Koi yang bagus memiliki gaya berenang yang tenang dan seimbang. Kondisi tersebut menandakan bahwa koi memiliki sirip yang simetris berpasangan. Jangan pilih koi yang terlihat lesu atau senang menyendiri karena menandakan koi sedang tidak sehat. Koi tersebut sebaiknya mendapatkan perawatan kesehatan terlebih dahulu.

Baca Juga:  Kolam Terpal untuk Ikan Gabus

Warna tubuh koi

Pilih koi dengan warna tubuh yang cemerlang, memiliki pola dengan batas yang jelas, dan tanpa bercak warna yang tidak jelas. Bila berwarna merah, merahnya harus cerah. Bila berwarna putih, harus seputih salju.