Trik Memilih Pakan Koi yang Tepat dan Berkualitas

Pertanianku — Pakan merupakan kebutuhan utama yang perlu Anda penuhi saat memelihara hewan, termasuk ikan koi. Umumnya, pakan ikan koi berupa pelet, pakan ini praktis serta mengandung nutrisi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan umur koi.

pakan ikan koi
foto: pertanianku

Ada banyak merek pakan ikan koi yang dapat Anda jumpai di toko ikan hias. Terkadang, kondisi tersebut malah membuat Anda sulit memilih pakan yang harus dibeli. Saat Anda membeli pakan, perhatikan keseimbangan komponen nutrisi di dalam pakan. Pilih pakan dengan komposisi gizi yang sesuai dengan kebutuhan ikan koi.

Pakan ikan koi terbagi menjadi dua tipe, yakni tipe tenggelam dan terapung. Peternak koi rata-rata menggunakan pakan tenggelam. Hal ini karena koi dipelihara di kolam pembesaran berukuran luas dengan populasinya cukup padat. Sisa pelet akan tenggelam di dasar kolam sehingga tidak terlalu memengaruhi kualitas air.

Sementara itu, pakan tenggelam lebih cocok digunakan oleh pehobi yang memelihara ikan di kolam rumahan. Misalnya, seperti kolam taman yang ukurannya relatif lebih kecil dengan volume air yang terbatas. Hal tersebut menyebabkan Anda harus sering rajin mengganti air karena timbunan pakan di dasar kolam.

Pada dasarnya pakan tenggelam dan terapung sama-sama mengandung bahan yang serupa, yakni protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Bagian yang membedakan hanya komposisi masing-masing unsurnya. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan jenis pakan dengan tujuan pemakaian.

Ada pakan yang ditujukan untuk anakan koi, koi remaja, dan koi dewasa. Dari sinilah muncul jenis pakan berdasarkan butirannya, ada yang small untuk anak koi, medium untuk koi remaja, dan large untuk koi dewasa.

Pakan ikan koi yang berkualitas dapat diketahui dengan mudah melalui label atau kemasannya. Di dalam kemasan pakan yang bagus pasti mencantumkan tanggal pembuatan dan tanggal kedaluwarsanya. Kedua info tersebut sangat penting sebagai ambang batas aman penggunaan pakan. Pasalnya, pakan yang sudah lama cenderung memiliki risiko kerusakan yang besar.

Baca Juga:  Tips Membuat Kolam Ikan Lele yang Mudah dan Cocok untuk Bisnis

Pakan yang rusak atau berjamur tidak aman diberikan. Hal ini karena pakan tersebut malah dapat menimbulkan serangan penyakit pada koi.