Trik Mempertahankan Rasa Manis Jambu Air Khiojok

Pertanianku — Buah jambu air khiojok terkenal dengan rasa yang manis, ukuran besar, produktivitas tinggi, serta jumlah dalam satu dompolannya banyak. Jambu air asal Thailand ini masih terbilang baru di Indonesia dan memiliki kelebihan yang cukup menarik dibanding jambu air lainnya.

jambu air khiojok
foto: pertanianku

Rasanya yang manis dan segar sangat cocok dikonsumsi pada siang hari untuk melepaskan dahaga. Jambu air khiojok cocok dijadikan buah meja untuk dikonsumsi secara segar. Namun, sayangnya karena rasanya manis, buah ini kurang cocok dijadikan rujak. Jambu air yang cocok dijadikan rujak biasanya adalah buah jambu air yang rasanya masam.

Kadar manis jambu air khiojok lebih tinggi dibandingkan jambu air madu deli. Pasalnya, kadar kemanisan jambu air ini bisa berkisar di atas 12°brix. Sementara itu, jambu air madu deli antara 11—12°brix.

Tahukah Anda bahwa rasa manis jambu air khiojok bisa menurun karena beberapa faktor. Salah satu faktor yang menyebabkan berkurangnya kadar kemanisan jambu air khiojok adalah kadar air yang berlebih pada tanaman, terutama saat musim hujan. Pada musim hujan, pohon lebih banyak menyerap air sehingga buah yang dihasilkan menjadi kurang manis. Buah yang terlalu banyak mengandung air biasanya bertekstur agak empuk.

Selain itu, kadar kemanisan buah juga bisa ditentukan dengan cara Anda memetik buah jambu air pada saat panen. Untuk mendapatkan buah yang manis, sebaiknya petik mendekati tangkai buah. Jika pemetikan dilakukan agak bawah hingga mendekati lidahnya, kadar kemanisan buah bisa berkurang.

Tingkat kematangan buah juga memengaruhi kadar kemanisan jambu air khiojok yang bisa Anda dapatkan. Pastikan buah sudah matang 85—90 persen di pohon agar buahnya terasa manis. Jika Anda sudah memetik buah dengan tingkat kematangan yang baru berkisar 60—70 persen, buah jambu air cenderung tidak manis.

Baca Juga:  Jenis-jenis Setek dan Tanaman yang Dapat Diperbanyak Melalui Setek

Biasanya, untuk menghasilkan buah yang manis bisa dibantu dengan pemberian pupuk KNO3. Hanya saja pupuk ini masih belum bisa membuat buah jambu air terasa manis pada musim hujan karena intensitas air yang terserap oleh pohon cukup banyak.

Cara alternatif yang bisa Anda lakukan adalah memberikan penyiraman bekas air teh manis ke pohon jambu air. Cara ini sebenarnya sudah dilakukan oleh orang-orang tua. Percaya atau tidak, penyiraman air teh manis ke pohon jambu air memang bisa membuat rasa jambu air menjadi manis.

Mempertahankan kemanisan jambu air khiojok juga bisa dilakukan dengan memerhatikan volume air yang diberikan pada saat penyiraman. Berikan air secukupnya saja sampai media tanam terlihat basah. Jika air yang diberikan terlalu berlebihan, buah yang dihasilkan menjadi kurang manis.

Untuk bertanam jambu air khiojok, Anda bisa langsung mendapatkan bibit jambu air khiojok di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan sarana produksi pertanian, mulai dari bibit dan benih beragam tanaman, media tanam, pupuk, pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya.

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.

 


loading...