Trik Mengatasi Serangan Hama Lalat Buah pada Tanaman Belimbing

Pertanianku — Lalat buat menjadi hama yang paling sering menyerang tanaman belimbing sehingga cukup banyak jumlah buah belimbing yang terinfeksi oleh hama ini. Hama lalat buah sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa cara, mulai dari mekanis hingga menggunakan insektisida kimia.

hama lalat buah
foto: Pertanianku

Buah belimbing yang telah diserang oleh lalat buah akan berguguran sebelum matang dan terlihat cepat menguning, padahal belum waktunya buah tersebut matang. Jika buah tersebut dibelah, pada bagian dalam buah terlihat daging buah yang membusuk disertai dengan adanya belatung berwarna putih kemerahan. Belatung tersebut merupakan larva dari lalat yang berada di sekitar tanaman.

Hama lalat buah memang berasal dari kupu-kupu yang bertelur di bagian permukaan bunga atau buah yang masih berukuran pentil. Telur tersebut akan menetas mengeluarkan larva kupu-kupu yang akan masuk ke buah yang masih muda dan memakan bagian dalam buah.

Teknik pengendalian pertama yang dapat Anda lakukan ialah menangkap lalat buah di sekitar tanaman agar hewan tersebut tidak bertelur pada bunga atau buah yang masih pentil. Penangkapan dapat dilakukan dengan jebakan kertas kuning atau methyl eugenol yang dapat diperoleh di toko pertanian.

Jebakan tersebut akan menarik perhatian lalat untuk mendekat dan akhirnya terperangkap di dalam perangkap.

Buah yang sudah telanjur terinfeksi lalat harus dibakar untuk memutus sumber penularan hama. Sementara itu, buah yang masih sehat dan berukuran pentil harus segera dibungkus dengan pembungkus buah yang berbahan plastik tipis, kertas semen, atau kertas karbon. Penanganan ini terbilang cukup aman untuk buah karena tidak akan menimbulkan efek negatif. Hanya saja Anda perlu ekstra sabar membungkus satu per satu buah di pohon.

Baca Juga:  Varietas Bawang Merah yang Ada di Indonesia

Jika hama sudah sulit dikendalikan, Anda bisa menggunakan larutan insektisida yang berbahan Bayrusil 0,2 persen, Lebaycid 0,2 persen, atau Confidor. Penyemprotan pestisida tersebut sudah harus dihentikan saat 2—4 minggu sebelum buah panen untuk meminimalisir residu pestisida.

Anda juga dapat menggunakan insektisida sistemik seperti Tamaron 0,5—1 persen, Confidor 200 SL, dan Furadan 3 G. Setiap pohon disiram dengan 2—5 liter larutan Tamaron 0,5—1 persen dan diberikan saat tanaman sedang berbuah.

Pembungkus buah seperti Heigrow, dan insektisida sistemik, bisa Anda dapatkan di Toko Trubus. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau berkunjung ke lokasi Toko Trubus terdekat di kota Anda.