Trik Mengesankan untuk Memperbanyak Koloni Lebah Madu

Pertanianku Lebah madu mempunyai kebiasaan untuk hidup secara berkoloni. Rata-rata, setiap koloni lebah madu dihuni oleh 10.000—30.000 ekor. Di dalamnya, ada lebah ratu, lebah pekerja, dan lebah pejantan. Setiap jenis lebah madu ini mempunyai tugas serta peranannya masing-masing. Untuk menghasilkan madu yang banyak, koloni lebah madu harus diperbanyak.

Lebah madu
Foto: Pixabay

Banyaknya jumlah lebah madu ini nantinya akan berbanding lurus dengan jumlah madu yang mampu dihasilkan oleh lebah-lebah tersebut. Semakin banyak jumlah madu yang dapat diproduksi, semakin banyak pula madu yang dapat diproduksi oleh lebah. Maka, semakin besar pula keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Koloni lebah madu sebenarnya bisa diperbanyak. Tetapi, sebelumnya ada dua syarat yang harus dipenuhi jika Anda ingin memperbanyak koloni lebah madu. Syarat yang pertama, yaitu kondisi koloni lebah harus kuat. Pastikan minimal ada 8 sisiran di dalam kotak lebah madu yang dipenuhi oleh lebah. Ratu harus rajin bertelur dan lebah pekerja giat mencari makanan. Koloni juga harus bebas dari serangan hama dan penyakit.

Kemudian syarat yang kedua adalah tersedia bahan makanan yang cukup bagi lebah tersebut.

Apabila kedua syarat di atas sudah terpenuhi, Anda bisa memperbanyak koloni lebah madu dengan panduan sebagai berikut.

  • Anda perlu menyiapkan kotak yang dipenuhi oleh lebah madu dan kotak yang masih kosong.
  • Pindahkan 4—5 sisiran sarang ke kotak yang kosong terlebih dahulu. Lalu, pindahkan pula ratu lebah dari kotak lama ke kotak baru tersebut.
  • Kotak baru yang telah berisi ratu lebah, kemudian dipindahkan sejauh 700 meter untuk Apis cerana atau 2.000 meter untuk Apis mellifera.
  • Waktu pemindahan kotak sebaiknya dilakukan sore hari mendekati petang. Tujuannya, agar lebah tidak kembali ke tempat asalnya.
  • Dalam waktu 5—8 hari setelah pemecahan, periksa kondisi kotak lama. Biasanya ada sel ratu yang tumbuh. Jika terdapat lebih dari satu sel ratu, pilih sel ratu yang paling kuat dan besar, sedangkan yang lainnya dibuang.
  • Kini tinggal menunggu waktu saja sampai sel ratu tersebut tumbuh menjadi ratu lebah. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih selama 2—3 minggu.
Baca Juga:  3 Penyebab DOC Ayam Kampung Mati
Loading...