Trik Menghindari Risiko Kematian DOC Ayam Petelur pada Periode Kritis

Pertanianku — Periode kritis bagi DOC ayam petelur adalah dua minggu pertama setelah dilahirkan. Kesalahan yang dilakukan pada fase ini tidak bisa diperbaiki di kemudian hari. Oleh karena itu, jangan sampai salah dalam melakukan perawatan.

DOC ayam petelur
foto: Pertanianku

Pada dasarnya DOC ayam petelur tidak akan mengalami kematian apabila seluruh kebutuhannya terpenuhi. Oleh karena itu, peternak perlu mempelajari ilmu secara teori dan praktik serta memperbanyak pengalaman untuk mengetahui kebutuhan ternak.

Berikut ini beberapa trik jitu menghindari risiko kematian DOC ayam petelur yang sering dialami oleh peternak.

Suhu di dalam kandang tidak sesuai

Anak ayam masih belum mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri hingga berumur lebih dari satu minggu. Oleh karena itu, di dalam kandang perlu diberikan sumber panas yang dapat memproduksi panas untuk menaikkan suhu di dalam kandang. Suhu normal yang dibutuhkan oleh anak ayam yang baru lahir adalah 40—41°C.

Setelah berumur tujuh hari lebih, bagian otak anak ayam yang berfungsi mengatur suhu tubuh sudah bisa berfungsi. Oleh karena itu, suhu yang digunakan setelah anak ayam berumur tujuh hari adalah 27°C.

Kondisi litter buruk

Litter di dalam kandang bisa berfungsi menjaga suhu dan kelembapan di dalam kandang serta menyerap kotoran yang basah. Litter yang bagus untuk digunakan adalah litter yang bebas dari bahan kimiawi seperti insektisida, herbisida, dan bahan pengawet.

Pada tiga minggu pertama, anak ayam tidak boleh menggunakan litter yang lembap. Jika tingkat kelembapan litter sudah sekitar 25 persen, segera lakukan pengeringan dengan cara meningkatkan ventilasi kandang atau menambahkan litter yang baru.

Pemberian pakan

Pemberian pakan dapat berpengaruh langsung untuk mengontrol stres. Penempatan tempat pakan harus tepat agar anak ayam tidak perlu menjauh dari sumber pemanas ketika ingin makan. Selain itu, pastikan juga pakan di dalam tempat makan selalu tersedia. Selain pakan, air minum juga harus selalu tersedia.

Baca Juga:  Ciri-ciri Ayam Dara Petelur yang Memiliki Daya Bertelur Tinggi

Ayam yang baru masuk ke kandang sebaiknya diberikan air minum terlebih dahulu atau air minum yang sudah ditambahkan gula, kemudian baru diberikan pakan.

Vaksinasi yang kurang tepat

Selama periode brooding, DOC harus mengikuti program vaksin yang diberikan di minggu pertama. Vaksin yang diberikan biasanya adalah vaksin NP, IB, atau keduanya.

Kondisi sirkulasi udara

Sirkulasi udara yang tidak baik dapat menyebabkan anak ayam kesulitan bernapas, tumbuh, dan produksi. Sirkulasi udara yang buruk dapat menyebabkan ammonia dari kotoran ayam bertumpuk di dalam kandang. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan ayam mudah terserang penyakit

.


loading...