Trik Menyimpan Buah Pisang

Pertanianku Trik menyimpan buah pisang bisa diterapkan agar buah ini bisa disimpan lebih lama. Buah pisang sendiri, terutama yang sudah matang, cenderung cepat busuk. Berikut ini beberapa trik yang bisa Anda coba agar buah pisang lebih awet.

Trik menyimpan buah pisang
Foto: freepik

Bungkus batang pisang

Batang atau mahkota pisang, yaitu bagian yang menghubungkan pisang di bagian atas. Bagian ini bisa menyerap etilen dari buah-buahan yang sudah matang dan berada di sekeliling pisang. Oleh karena itu, bagian ini harus ditutup jika ingin buah pisang Anda lebih awet.

Loading...

Anda bisa membungkusnya dengan menggunakan plastik wrap atau plastik biasa, kemudian diikat dengan karet. Ikatan ini bisa dibuka jika Anda ingin mengambil buah pisang tersebut. Pastikan Anda menutupnya kembali.

Selain membungkus batang pisang secara bersamaan, Anda juga bisa menerapkan cara ini. Dengan demikian, buah pisang bisa diambil dengan lebih mudah. Selain itu, cara ini lebih efektif karena membungkus secara langsung bisa memungkinkan adanya celah.

Pisahkan dari buah lain

Agar buah pisang tidak mendapatkan etilen dari buah lain yang sudah matang, sebaiknya pisahkan buah pisang dari buah lainnya. Senyawa etilen bisa membantu pematangan buah lebih cepat. Dengan begitu, pisang pun menjadi lebih cepat matang dan lebih cepat busuk.

Jauhkan dari tempat panas

Selain etilen, penyimpanan buah pisang pada suhu yang relatif tinggi juga mengakibatkan buah pisang lebih cepat matang. Cara menghindarinya adalah dengan mengeluarkan pisang dari bungkus plastik yang digunakan saat Anda membeli pisang. Di dalam bungkus plastik, suhu cenderung lebih panas karena udara terperangkap.

Hindari menyimpan buah pisang pada area dekat kompor dan alat elektronik bersuhu tinggi. Simpan pisang di lokasi dengan ventilasi yang baik, bersuhu ruangan cukup dingin, dan ruangan yang gelap.

Baca Juga:  Fase-fase pada Kematangan Buah Tomat

Oleskan jus lemon

Cara ini bisa Anda gunakan jika Anda hendak menyimpan pisang yang sudah dikupas atau dipotong. Pisang yang sudah terbuka cenderung akan berubah gelap karena proses oksidasi. Proses tersebut akan membuat buah pisang berwarna kecokelatan dan tidak menarik lagi.

Anda bisa menyiapkan perasan air lemon untuk dioleskan kepada buah pisang. Campurkan ¼ gelas jus lemon dengan satu gelas air. Aduk dan celupkan pisang yang sudah dikupas. Buah pisang pun akan terlihat segar dalam waktu yang lebih lama.

Loading...
Loading...