Trik Menyimpan Pakan Itik yang Benar agar Tidak Mudah Rusak

Pertanianku Pakan itik termasuk kebutuhan yang perlu dipenuhi setiap hari. Pakan juga sering menjadi kendala karena harganya mahal dan tidak bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Harga pakan yang mahal dapat disiasati dengan membuat pakan sendiri. Namun, bahan-bahan yang digunakan juga perlu disimpan sementara sebelum akhirnya diberikan pada itik.

pakan itik
foto: pertanianku

Penyimpanan bahan pakan dan pakan jadi yang baik tidak akan menurunkan kualitas bahan pakan. Demikian juga sebaliknya, penyimpanan yang tidak baik akan banyak menimbulkan masalah, baik dari kualitas bahan pakan maupun kerugian yang diderita peternak.

Pakan dan bahan pakan yang buruk tidak bisa diberikan pada itik karena dapat menyebabkan itik terserang penyakit. Dengan begitu, pakan tersebut menjadi tidak berguna dan peternak perlu membeli bahan pakan atau pakan yang baru. Tentu saja, hal tersebut sangat merugikan peternak dan bisa menyebabkan biaya pakan membengkak.

Selama penyimpanan, ada kemungkinan terjadi penurunan kualitas bahan pakan atau pakan jadi akibat kerusakan kimia, biologis, dan fisik. Berikut ini beberapa cara menyimpan pakan dan bahan pakan yang aman.

  • Bahan pakan yang disimpan sebaiknya memiliki kadar air kurang dari 13 persen.
  • Bahan pakan dikemas menggunakan karung. Pada karung ditulis jenis bahan pakan, tanggal pembelian, dan nama penyuplai.
  • Bahan pakan disimpan di gudang menggunakan alas palet dan lokasi yang sama untuk setiap bahan pakan. Misalnya, bungkil kedelai disimpan di tumpukan A, jagung di tumpukan B, dan seterusnya. Jarak antara palet dan dinding sekitar 30 cm.
  • Bahan pakan disusun seperti tumpukan bata dengan jenis dan tanggal pembelian yang sama.
  • Periksa bahan pakan secara periodik untuk mengidentifikasi tanda-tanda serangan jamur, terutama pada pakan yang sudah disimpan lebih dari satu bulan. Jika sudah ditemukan adanya serangan jamur, segera lakukan fumigasi.
  • Periksa ada atau tidaknya tikus di dalam gudang. Tikus termasuk hewan yang sangat sulit diprediksi dan bisa masuk melalui celah kecil yang jarang terlihat jika tidak diperhatikan lebih detail.
  • Periksa dan pastikan kondisi palet tidak rusak, lembap, atau basah agar tetap kuat menahan beban pakan yang ditumpuk di atasnya.
Baca Juga:  Kiat Memberikan Pakan Kambing Potong yang Benar