Trik Merawat Aquascape sebagai Hiasan Interior

Pertanianku — Merawat aquascape memerlukan trik jitu agar hasilnya benar-benar maksimal. Mesikpun demikian, Anda dapat membuatnya hanya dengan alat dan bahan yang mudah didapat. Dengan perawatan yang benar, aquascape juga bisa memberikan keindahan bagi interior rumah Anda sehingga tampak lebih segar dan asri.

aquascape
foto: pixabay

Aquascape sendiri adalah sebuah seni yang cukup unik yakni dekorasi di dalam akuarium. Isi dari akuarium ini tidak hanya hewan seperti ikan dan hewan air lain, tetapi juga tanaman air. Oleh karena itu, merawat akuarium perlu trik khusus agar tanaman tidak mudah mati.

Tanaman air merupakan salah satu komponen penting dalam pembuatan aquascape. Untuk bisa meletakkannya di dalam air, tanaman ini harus diletakkan di atas media tanam terlebih dahulu. Peletakan media tanam ini pun harus runtut seperti berikut.

Loading...

Pertama, letakkan nitrobakteri atau rumah bakteri. Anda dapat dengan mudah menemukannya di toko-toko ikan. Setelah itu, barulah diberi pupuk dasar dan soil khusus. Soil ini dapat diganti dengan pasir malang atau pasir silica.

Anda dapat menancapkan berbagai tanaman air sesuai dengan selera dan kebutuhan sebelum mengisinya dengan air. Usahakan memilih tanaman air yang mudah dalam perawatan dan dapat beradaptasi dengan baik.

Trik merawat aquascape yang berikutnya adalah mengatur cahaya. Cahaya ini diperlukan bagi ekosistem di dalam akuarium agar tetap tumbuh dengan baik. Terlebih, tanaman memerlukan cahaya untuk melakukan proses fotosintesis. Tidak hanya cahaya, tetapi juga radiasi panas yang dihasilkan oleh lampu.

Namun, cahaya dari luar akuarium saja tidak cukup. Anda tetap memerlukan lampu untuk memberikan penerangan di bagian dalam akuarium. Lampu ini bisa diletakkan di bagian atas akuarium.

Trik berikutnya berkaitan jika Anda hendak menambahkan ikan ke akuarium. Jangan memasukkan ikan bersamaan dengan tanaman. Biarkan tanaman tumbuh terlebih dahulu di dalam akuarium selama 3—4 minggu. Setelah itu, baru masukkan ikan.

Baca Juga:  Sering Keliru, Ini Fungsi Bumbu Dapur yang Benar

Perawatan aquascape dengan ikan di dalamnya juga membutuhkan bantuan filter agar ekosistem di dalam akuarium tetap terjaga. Oleh karena itu, Anda perlu meletakkan akuarium aquascape ini agar selalu dekat dengan sumber listrik.

Loading...
Loading...