Trik Penyimpanan Telur Segar Agar Tetap Awet


Bisnis Telur Itik

Pertanianku – Penyimpanan telur segar dengan pengawetan menggunakan bahan sebagai berikut.

a. Minyak goreng

Pengawetan telur dengan minyak goreng dapat dilakukan agar kualitas telur dapat dipertahankan selama 3 minggu. Upaya ini dilakukan untuk menutup pori-pori kulit telur agar tidak terjadi penguapan yang dapat menurunkan kualitas telur.

Cara ini dilakukan dengan menata telur yang akan diawetkan pada egg tray dengan posisi tumpul di atas. Selanjutnya, dengan menggunakan alat penyemprot, semprotkan minyak goreng pada bagian telur yang tumpul. Adapun dosis minyak yang digunakan adalah 1 liter minyak untuk 1.450 butir telur. Telur yang telah disemprot, disimpan di tempat yang bersih dan sejuk.

b. Garam dapur

Mengawetkan telur dengan garam dapur dilakukan dengan cara membuat larutan garam 25%, kemudian telur direndam dalam larutan selama 2 minggu. Dengan cara ini telur akan tahan disimpan selama 6 minggu, tetapi telur terasa asin.

c. Cairan lilin

Pengawetan juga bisa dilakukan dengan mencelupkan telur dalam cairan lilin bersuhu 50—60o C. Tujuannya untuk menutupi pori-pori kulit telur sehingga bagian dalam telur tidak terkontaminasi bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan.

d. Larutan akasia

Bahan pengawet dari kulit pohon akasia. Caranya, kulit akasia 250 gram ditumbuk, lalu dimasukkan dalam 20 liter air dan direbus selama 1 jam. Setelah dingin, telur direndam dalam larutan tersebut. Telur akan tahan disimpan selama 2 bulan.

 

Sumber: Buku Beternak Itik Hibrida Unggul

 

Baca Juga:  Inilah Bahaya Konsumsi Daging yang Harus Anda Ketahui
loading...
loading...