Trik Sederhana Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

Pertanianku — Mengingat banyaknya peminat, budidaya ikan nila memiliki prospek bisnis yang cukup menjanjikan. Kendati demikian, sebelum Anda memutuskan untuk membudidayakan ikan nila, sebaiknya Anda tahu dulu cara membedakan ikan nila jantan dan betina. Tujuannya, agar produksi yang Anda dapatkan bisa berpotensi baik.

membedakan ikan nila jantan dan betina
Foto: Google Image

Membedakan ikan nila jantan dan betina memang cukup sulit bagi pembudidaya pemula. Namun jangan khawatir, untuk menentukan ikan nila jantan dan betina harus memerhatikan penampilan (fisikologis) secara eksternal. Dengan begitu, akan memudahkan pembudidaya ikan nila. Berikut ini trik sederhana membedakan ikan nila jantan dan betina.

Ikan nila jantan


Loading...

Ikan nila jantan pada umumnya memiliki kriteria yakni bagian alat kelamin menonjol dan meruncing. Memiliki alat genital dua buah lubang (lubang anus dan sperma). Bentuk badan pipih dari samping, ramping, langsing, dan memanjang. Bagian perut berwarna kehitaman hingga kemerahan. Bagian dagu berwarna kehitaman mengilap. Bersifat agresif dan memiliki gerakan lincah juga gesit.

Ikan nila betina

Sementara itu, ikan nila betina umumnya memiliki ciri, yaitu bagian alat kelamin berbentuk oval dan tampak, bila dipijat akan mengeluarkan cairan (sel telur). Memiliki 3 buah lubang genital (lubang dubur, lubang pengeluaran telur, dan urine). Bentuk badan bulat pipih dan memanjang. Bagian perut berwarna putih dan dagu berwarna putih. Memiliki gerakan cenderung agak lambat. Warna tubuh cenderung lebih transparan dibandingkan jantan.

Tips tambahan

Memilih ikan nila jantan dan betina harus dilakukan dengan pengamatan dan perabaan secara fisikologis berdasarkan morfologi dari ikan tersebut secara detail. Dengan begitu, akan mempermudah Anda untuk menentukan perbedaan ikan nila jantan dan betina. Dengan cara itulah, dapat menentukan perbedaan nila jantan dan betina dengan mudah serta memahami bagian-bagian tertentu pada ikan nila jantan dan betina.

Baca Juga:  Racik Sendiri Pakan Lele Alternatif
Loading...
Loading...