Trik Sukses Membuat Keju Mozzarela dari Susu Kambing

Pertanianku — Keju mozzarella bisa dibuat dari susu kambing yang terkenal lebih kaya akan gizi. Keju mozzarella terkenal dengan tekstur lembut, berwarna putih hingga kekuningan, kadar airnya tinggi, dan sering digunakan untuk membuat pizza karena dapat meleleh ketika dipanaskan. Cara pengolahan keju mozzarella susu kambing sebenarnya tidak terlalu sulit apabila Anda sudah mengetahui trik-trik pembuatannya.

keju mozzarela susu kambing
foto: Pixabay

Berikut ini beberapa trik sukses membuat keju mozzarella susu kambing.

Penambahan rennet

Rennet merupakan bahan yang berguna untuk menyempurnakan gumpalan susu menjadi keju yang lebih besar dan kuat saat dipres. Bahan ini berasal dari tanaman, mikroorganisme, atau hewan. Anda bisa mendapatkan rennet di toko-toko yang menyediakan bahan pembuatan keju, baik secara online maupun offline.

Pengasaman keju

Pengasaman keju menjadi bagian penting karena akan menentukan hasil keju yang akan didapatkan. Keju mozzarella bisa disimpan dengan asam cuka atau asam sitrat dalam jumlah tertentu. Kadar asam cuka berlebihan dapat menyebabkan pH susu berkurang menjadi sangat banyak dan padat keju menjadi lebih rapuh.

Sebaiknya, asam cuka hanya digunakan sebanyak 20 ml/liter susu. Takaran tersebut bisa ditambahkan atau dikurangi bergantung pada tingkat kemurnian asam cuka yang digunakan.

Daya leleh

Keju mozzarella terkenal dengan daya leleh yang tinggi jika dipanaskan. Daya leleh tersebut dipengaruhi oleh kadar lemak dan interaksi antarmolekul protein dan air. Untuk mengetahui daya leleh dari keju mozzarella susu kambing, Anda bisa mengetesnya dengan cara memanaskan keju dengan panjang 20 mm dan lebar 10 mm di dalam microwave selama 15 menit. Setelah itu, perhatikan kondisi keju untuk menentukan daya leleh keju.

Ketahui cara pembuatan yang benar

Proses pembuatan menjadi salah satu kunci keberhasilan yang cukup berpengaruh. Anda harus mengetahui rangkaian cara pembuatan keju mozzarella susu kambing dengan benar.

Baca Juga:  Tips Mencegah Penyakit di Kandang Ayam yang Kerap Timbul Saat Perubahan Cuaca

Seluruh rangkaian pembuatan tersebut dibahas di dalam buku Mudah dan Cepat Buat Keju, Yoghurt, dan Kefir dari Susu Kambing. Selain keju mozzarella, di dalam buku tersebut juga membahas berbagai olahan susu kambing lainnya. Untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi usaha, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya


loading...