Trik Supaya Buah Alpukat tak Cepat Berubah Kecokelatan

Pertanianku — Anda mungkin kecewa ketika buah alpukat atau avokad yang disimpan demi menunggu momen kematangan yang sempurna malah menunjukkan bagian kecokelatan saat dibelah. Akan tetapi, bukan berarti buah alpukat tersebut harus dibuang.

buah alpukat
Foto: SHutterstock

Alpukat berubah kecokelatan setelah dibelah atau saat disendokkan ke gelas bisa disebabkan oleh reaksi kimia. Daging buah yang berinteraksi dengan oksigen di udara akan menghasilkan melanin.

Hal yang sama akan terjadi ketika Anda mengiris apel. Perubahan warna tidak berarti apel atau alpukat tidak boleh dimakan lagi. Perubahan warna tersebut juga bukan pertanda buah sudah membusuk.

Tentu saja perlu ada penilaian terbaik ketika buah berubah warna. Jika perubahan terjadi setelah alpukat dibiarkan selama sepekan, tentu buah harus segera dibuang. Tapi jika baru membelahnya lalu menemukan ada kecokelatan, masih aman untuk dimakan.

Jika ingin mempertahankan warna hijau alpukat lebih lama, coba peras sedikit jus lemon di atas alpukat untuk memperlambat proses perubahan hingga kecokelatan. Dilansir dari This Is Insider, perubahan warna hanya akan memberi sedikit rasa pahit atau tekstur yang lebih lembek.

Baca Juga:  Bikin Gemas! Instagram Ini Isinya Deretan Cowok Ganteng dengan Durian
Loading...