Tubuh Tetap Prima di Musim Hujan, Konsumsi Apel Solusinya


Pertanianku – Buah yang satu ini menjadi buah yang hampir dikonsumsi oleh seluruh penduduk dunia. Buah yang memiliki sejumlah warna seperti merah dan hijau ini memang lezat dikonsumsi, baik dimakan secara langsung ataupun diolah menjadi jus yang menyegarkan.

Foto: pixabay

Bayangkan saja sebuah apel berukuran sedang, terkandung 95 gram kalori, 25 gram karbohidrat, 0,5 gram protein, 4 gram serat, dan 0,4 gram lemak.

Selain itu, apel kaya akan vitamin C sebanyak 14 persen. Vitamin C tersebut memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga agar tubuh tetap prima.

Jika ingin mendapat manfaat lainnya, disarankan utnuk konsumsi apel bersama kulitnya. Selain kandungan seratnya, sebuah penelitian menunjukkan dalam kulit apel terkandung zat antikegemukan, yakni asam ursolic.

Meski begitu, apel wajib dicuci bersih sebelum dikonsumsi untuk mengurangi paparan residu pestisida yang mungkin saja tertinggal pada kulitnya.

Berikut beberapa jenis apel impor yang biasa banyak ditemukan di toko buah.

Royal Gala

Salah satu apel paling populer yang dibawa dari Selandia Baru ke AS pada 1970. Apel ini merupakan buah favorit Ratu Elizabeth II. Apel jenis gala adalah apel yang garing dan sangat manis sehingga cocok dijadikan camilan.

Honeycrisp

Sama seperti royal gala, apel honeycrisp juga memiliki rasa manis dan sedikit garing. Buah ini bagus dan enak untuk dimakan langsung sebagai salad dan saus.

MacIntosh

Apel jenis ini sangat baik untuk dijadikan bahan dasar membuat saus apel dan kue pai. Saat memotongnya, untuk tetap menjaga agar teksturnya tetap keras, sebaiknya mengirisnya tidak terlalu tipis.

Granny Smith

Apel berwarna hijau dengan rasa masam ini diyakini berasal dari Crabapple, Prancis. Di negara asalnya, apel jenis itu memasuki musim panen pada pada awal Agustus, dan hasil panennya kebanyakan dibuat untuk kue pai.

Baca Juga:  Suka Minum Susu Setelah Makan Ikan? Anda Perlu tahu Hal Ini

Cortland

Varietas manis dan asam ini berasal dari negara bagian di New York. Apel jenis ini adalah jawaban sempurna untuk memasak, dari potongan kue hingga toppers salad.

Red Delicious

Apel all-American ini memiliki ciri seperti empat benjolan mirip punggung unta di bagian bawahnya. Kulitnya yang memiliki bintik-bintik hitam seperti anggur menawarkan rasa yang agak pahit, tetapi tetap ada rasa manis dan lembutnya.

Fuji

Sesuai dengan namanya, apel jenis ini berasal dari Gunung Fuji, Jepang yang mulai populer sejak 1930. Apel jenis ini menawarkan rasa keasaman rendah dan aromatik yang khas.

loading...
loading...