Tujuan Penggemukan Domba

Pertanianku – Sebagai salah satu ternak potong, pemeliharaan domba bertujuan untuk menghasilkan jumlah dan kualitas daging yang baik sesuai keinginan konsumen. Di negara-negara maju, penggemukan domba dibedakan menjadi beberapa kelompok.

Tujuan Penggemukan Domba

Pengelompokan dalam proses penggemukan ini dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi selera konsumen. Beberapa kelompok penggemukan meliputi penggemukan ringan, penggemukan sedang, penggemukan berat, dan penggemukan mutton.

Loading...
  1. Penggemukan ringan

Penggemukan ringan adalah penggemukan yang dimulai daripascasapih (umur 3,5—5 bulan) untuk mencapai bobot badan rata-rata 28—36 kg. Penggemukan ini bertujuan untuk memperoleh dombadomba belia (masih sangat muda) yang gemuk. Ini dilakukan untuk memenuhi keinginan konsumen akan domba-domba yang masih sangat muda untuk jenis masakan tertentu, misalnya satai.

  1. Penggemukan sedang

Penggemukan sedang dimulai dari anak domba pascasapih yang lebih besar untuk mencapai bobot badan rata-rata 36—45 kg. Hasil penggemukan ini berupa daging domba muda yang gemuk.

  1. Penggemukan berat

Penggemukan berat adalah penggemukan dari anak domba pascasapih yang lebih tua, untuk mencapai bobot badan rata-rata 45—50 kg. Bahan pakan yang diberikan dalam proses penggemukan ini berupa hijauan dan umbi-umbian.

  1. Penggemukan mutton

Penggemukan mutton adalah penggemukan domba-domba dewasa dan tua termasuk domba-domba induk yang telah menghasilkandomba-domba bibit atau calon potongan. Hasil penggemukan ini sebagian besar dipasarkan ke industri-industri makanan kaleng.

 

 

Sumber: Buku Beternak Domba

 

Baca Juga:  Manfaat Beternak Sapi di Dekat Kebun Sawit
Loading...
Loading...