Tumbuhan Juga Bisa Terserang Tumor


Pertanianku — Tahukah Anda? Ternyata tak hanya manusia, tumbuhan juga bisa terserang tumor. Tumor merupakan penyakit/kelainan pada tubuh yang disebabkan oleh pertumbuhan dan perkembangan sel yang tidak normal.

tumbuhan juga bisa terserang tumor
Foto: Pixaba9

Logika awamnya seperti ini. Sel merupakan unit kehidupan terkecil penyusun makhluk hidup. Di dalam sel terdapat gen yang mengontrol kegiatan sel. Apakah sel akan tetap hidup, waktunya mati, waktunya tumbuh, dan berbagai kegiatan sel lainnya diatur oleh gen.

Jika gen mengalami perubahan atau sering disebut mutasi, akan berpengaruh terhadap tugasnya sebagai pengontrol sel. Ketika sel-sel tua sudah waktunya mati, ternyata gen tidak memberi perintah untuk mati.

Sel-sel baru tetap terbentuk, padahal sel tua masih ada. Oleh karena itu, kondisi tersebut akan menciptakan jaringan (kumpulan dari sel-sel sejenis) yang pertumbuhannya berlebihan. Munculnya jaringan dengan pertumbuhan yang berlebihan disebut tumor.

Tumor pada tumbuhan ditandai dengan adanya benjolan yang tidak umum pada bagian tubuh, terutama batang dan akar. Kondisi tumbuhan yang terkena tumor juga layaknya manusia, memprihatinkan. Kadang daun-daunnya terlihat tidak sehat, pertumbuhannya lambat, buah juga kelihatan tidak normal.

Penyakit benjol pada tumbuhan ini biasanya bermula dari luka pada bagian akar atau batang tumbuhan. Bagian tubuh yang luka, terinfeksi bakteri Agrobacterium sp. Aktivitas Agrobacterium sp memicu produksi berlebih hormon pertumbuhan auksin dan sitokinin tumbuhan. Jika kedua hormon tersebut berlebih, pertumbuhan jaringan tidak terkendali dan membentuk tumor atau disebut crown gall.

Keberadaan crown gall merugikan tumbuhan karena kebutuhan nutrisi akan terpecah ke jaringan yang mengalami pertumbuhan over. Akibatnya, bagian tumbuhan lain seperti cabang, ranting, daun, bunga, dan buah terganggu pertumbuhannya. Bahkan, ada tumbuhan yang sampai “hidup segan, mati pun tak mau”.

Baca Juga:  Tikus Ikut Andil pada Kerusakan Terumbu Karang, Kok Bisa?

Intinya, biang dari tumor tumbuhan adalah bakteri Agrobacterium sp. Namun, bakteri ini tidak hanya merugikan. Tuhan menciptakan sesuatu lengkap dengan kurang dan lebihnya. Agrobacterium sp biasanya digunakan oleh ilmuwan untuk menciptakan tumbuhan transgenik.

Tumbuhan transgenik merupakan tumbuhan yang disisipi gen dari tumbuhan lain. Agrobacterium sp memiliki kelebihan dapat menghantarkan gen dari tumbuhan satu ke lainnya. Bahasa gampangnya, bakteri tersebut dititipi, disuruh antar, meletakkan, dan menata gen dari satu tumbuhan ke tumbuhan lainnya.