Tumbuhan Mematikan Ini Ada di Indonesia

Pertanianku — Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, tak sedikit di antaranya memiliki kegunaan yang menguntungkan manusia. Namun, tahukah Anda, ada pula beberapa tumbuhan mematikan yang tumbuh di tanah air kita ini.

tumbuhan mematikan
Foto: Google Image

Berikut ini beberapa jenis tanaman mematikan yang perlu Anda waspadai.

  1. Singkong karet (Manihot glaziovii)

Terlepas dari harganya yang murah, singkong adalah makanan yang luar biasa. Tak hanya enak, ia bisa diolah menjadi belasan jenis makanan. Singkong itu istimewa, tapi tak semua jenisnya bisa dimakan. Salah satunya adalah jenis karet alias Manihot glaziovii.

Loading...

Singkong karet adalah salah satu tumbuhan paling mematikan di dunia. Alasannya, tak lain karena ia mengandung semacam racun sianida. Tahu sendiri ‘kan betapa mematikannya zat itu. Oleh karena itu, singkong karet sangat dilarang untuk dikonsumsi.

  1. Kecubung (Datura metel)

Kecubung dikenal sebagai terompet iblis. Kecubung sendiri bisa tumbuh di alam liar dan umumnya subur di daerah beriklim hangat seperti Indonesia. Meskipun beracun, tanaman ini juga sering dibudidayakan untuk kebutuhan penelitian.

Kecubung juga sering dijadikan tanaman hias karena memiliki tampilan bunga yang cantik. Namun, di balik keindahan itu, semua bagian dari tanaman kecubung ternyata sangat beracun. Tanaman ini mengandung senyawa alkaloid tropane yang dapat berakibat fatal jika tertelan oleh manusia atau hewan. Di beberapa negara, tanaman ini dilarang untuk diperjualbelikan.

  1. Jarak

Siapa duga, tanaman jarak adalah salah satu tumbuhan mematikan. Ada bagian tertentu pada jarak, yakni daunnya, yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Namun, perlu kamu ketahui bahwa biji jarak mengandung racun yang mematikan. Seperti dilansir BPOM RI, biji jarak yang berasal dari tanaman jarak kepyar (Ricinus communis), mengandung senyawa beracun yang disebut ricin.

Baca Juga:  Berkenalan Lebih Jauh dengan Cemara Laut

Sementara, biji jarak jenis lain seperti biji jarak pagar (Jatropha curcas, L.) mengandung protein beracun yang disebut curcin. Ricin dan curcin digolongkan sebagai zat beracun yang disebut toksalbumin. Menurut penelitian, ekstrak dari biji jarak dapat menggumpalkan sel darah merah.

Menelan curcin dan ricin juga dapat memicu radang saluran cerna yang parah dan terkadang ditandai dengan pendarahan. Kandungan asam galat dalam biji jarak juga dapat memicu iritasi lambung dan gagal ginjal.

  1. Gympie-gympie (Dendrocnide moroides)

Tanaman gympie-gympie mudah ditemukan di rimba hutan hujan. Selain ditemukan di wilayah timur laut Australia, tanaman beracun ini juga tumbuh subur di Maluku. Soal racun, tumbuhan ini bisa membunuh manusia dan binatang.

Untuk mengedarkan racunnya, tumbuhan ini cukup dengan disentuh saja. Diketahui gympie-gympie ini memiliki semacam bulu-bulu halus di sekujur tubuhnya yang dipenuhi racun. Ketika pertama terkena, kita akan langsung merasakan gatal-gatal parah, kemudian lanjut mimisan sampai akhirnya hal-hal fatal lainnya.

Loading...
Loading...