Tumbuhan Paling Mahal di Dunia


Pertanianku — Di antara berbagai macam tumbuhan yang ada di dunia, mereka mempunyai manfaat yang berbeda-beda sehingga semakin mempermudah manusia dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari. Nah, di antara banyaknya tumbuhan tersebut, pastinya ada tumbuhan paling mahal di dunia.

tumbuhan paling mahal di dunia
Foto: Google Image

Tumbuhan apa sajakah itu? Berikut ini beberapa tumbuhan paling mahal di dunia yang perlu Anda ketahui.

  1. Aglaonema

Tanaman hias ini masih satu spesies dengan anthurium, yaitu tanaman hias termahal yang mempunyai harga jutaan rupiah. Walaupun masih kalah populer dibanding anthurium, dia masih bisa mencuri perhatian para pengoleksi tanaman hias.

Tanaman ini lebih dikenal dengan nama sri rejeki. Aglonema memilki berbagai macam spesies seperti chocin, miss thailand, red silver, param ruay, dan pink panther. Nah, pink phanter ini merupakan spesies yang harganya paling mahal.

  1. Puring

Dulu, puring merupakan tanaman yang banyak tumbuh dan menghiasi kuburan dan tampak tidak berharga. Namun siapa sangka, sekarang tanaman puring ini telah naik kelas dan berjajar dengan tanaman hias jenis lain yang harganya mahal.

Daunnya berbentuk unik serta warnya daunnya juga bervariatif. Karena itu, tanaman yang dulu dijuluki tanaman kuburan ini sekarang telah banyak berada di depan rumah mewah sebagai tanaman hias yang berharga mahal.

  1. Phillodendrum marbel varigatha

Dari berbagai macam tanaman hias yang populer, tanaman ini yang paling lama masa populernya, yaitu hingga 2 tahun. Tanaman ini memiliki kelebihan pada bentuk daunnya yang unik, indah, serta mempunyai variasi. Daunnya memiliki tulang yang besar dan menonjol sehingga membuat tanaman ini tampak kekar. Tanaman hias ini bisa menembus harga hingga ratusan juta rupiah.

  1. Juliet rose

Juliet rose merupakan bunga mawar yang terkenal dengan harganya yang sangat mahal, yaitu mencapai Rp200,7 miliar. Itu karena bunga ini merupakan hasil riset yang mengeluarkan biaya sangat mahal untuk menghasilkan bunga ini.

Juliet rose muncul pada 2006 pada acara Chelsea Flower dan mencuri perhatian banyak pengunjung dengan warna bunga persik dan penampilannya yang anggun menawan dan bagian bunganya yang indah. Bunga ini merupakan bunga paling indah di dunia yang biasanya hanya digunakan pada acara tertentu seperti resepsi pernikahan atau acara penting lainnya.

  1. Philodendron

Philodendron merupakan tanaman hias yang masih satu spesies dengan anthurium dan aglaonema. Philodendron memiliki daun yang leber serta keindahannya tidak hanya pada daun, tapi juga pada bunga dan batangnya. Philodendrum merupakan alternatif bagi para pecinta tanaman hias yang tidak mampu untuk membeli anthurium ataupun aglonema karena memang harganya yang sangat mahal.

  1. Sansevieria

Tanaman hias jenis ini mempunyai harga yang lumayan mahal, yaitu mencapai Rp10 juta per daunnya. Tumbuhan ini menjadi sangat mahal karena bentuknya yang unik, yaitu dengan daun kaku dan tegak memanjang ke atas, berwarna hijau tua sampai hijau muda dengan lurik putih. Dari berbagai jenis sansevieria yang paling mahal adalah jenis kirkii silver blue.

  1. Pohon gaharu

Pohon gaharu mampu menghasilkan kayu yang dapat dijual dengan harga sangat mahal. Kayu gaharu ini memiliki ciri khas, yaitu mengandung gupal atau resin. Gupal atau resin inilah yang menjadikan kayu tersebut mempunyai aroma yang khas dan wangi. Kayu gaharu yang mengandung gupal terjual dengan harga puluhan juta rupiah per kilogram sehingga kayu ini layak disebut dengan pohon termahal di dunia.