Tumbuhan Penolong Luka Berdarah

Pertanianku Luka berdarah harus diatasi dengan cara yang tepat agar tidak menimbulkan infeksi yang berbahaya. Sebenarnya, alam telah menyediakan banyak tumbuhan yang berkhasiat sebagai penolong ketika Anda memiliki luka berdarah. Tumbuhan-tumbuhan ini dapat menjadi alternatif untuk mengatasi luka atau pertolongan pertama. Berikut ini jenis-jenis tumbuhan penolong luka berdarah.

luka berdarah
foto: Trubus

Daun jambu biji

Daun jambu biji tak hanya bisa mengatasi diare, daun tanaman buah ini juga bisa digunakan untuk mengatasi luka berdarah. Cara penggunaannya cukup mudah. Daun jambu segar yang baru dipetik dibersihkan, kemudian digiling hingga lumat. Selanjutnya, tempelkan ramuan pada luka dan balut dengan perban. Ganti perban dan ramuan tersebut 3 kali sehari hingga luka sembuh.

Ekor kucing

Anda juga bisa mengatasi luka berdarah dengan 1 genggam daun segar ekor kucing yang sudah dicuci hingga bersih. Cara pembuatan ramuan sama seperti daun jambu. Ramuan ditempel pada bagian yang terluka dan balut dengan kain perban.

Bandotan

Tumbuhan liar bandotan juga bisa menjadi penolong luka terbuka. Siapkan herba bandotan segar secukupnya, kemudian cuci hingga bersih dan tumbuk hingga halus. Turapkan ramuan tersebut ke bagian tubuh yang sakit, lalu balut dengan perban. Ramuan perlu diganti sebanyak 3–4 kali sehari. Pengobatan perlu dilakukan hingga sembuh.

Tanaman tembelekan

Siapkan ½ genggam bunga tembelekan segar dan ¼ genggam daun tembelekan segar. Setelah itu, cuci hingga bersih dengan air masak dan tumbuk bahan-bahan tersebut hingga halus. Ramuan dapat digunakan sebagai obat luar dengan cara penggunaan yang sama seperti ramuan-ramuan di atas.

Pule pandak

Daun muda pule pandak segar juga bisa diandalkan untuk mengatasi luka. Daun yang masih muda dicuci hingga bersih, lalu giling hingga halus. Ramuan dapat digunakan seperti ramuan-ramuan sebelumnya.

Baca Juga:  Keunggulan Pohon Andalas yang Menjadi Nama Lain Pulau Sumatera

Landep

Siapkan akar landep 15 gram dan kapur sirih ¼ sendok teh. Cuci bersih akar, kemudian tumbuk hingga halus, lalu tambahkan kapur sirih dan aduk hingga rata. Tempelkan ramuan pada bagian yang terluka.