Tumbuhan yang Menyimpan Cadangan Makanan dalam Umbi


Pertanianku — Tumbuhan hijau juga memerlukan makanan agar bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal layaknya manusia. Sebagian besar sumber makanan dari tumbuhan ini didapatkan dari proses fotosintesis yang membutuhkan pasokan cahaya matahari. Karena proses tersebut, ada beberapa tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan dalam umbi.

cadangan makanan dalam umbi
Pixabay

Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan di dalam umbi ini biasanya memiliki batang dan akar yang menggembung. Berikut ini contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan dalam umbi.

  1. Wortel

Wortel merupakan tanaman jenis umbi-umbian yang berwarna jingga kekuningan dengan tekstur kulit yang menyerupai kayu. Tanaman wortel ini memiliki batang yang pendek dan akar tunggang yang fungsinya akan berubah menjadi umbi yang bulat dan memanjang.

Tumbuhan ini menyimpan makanan di dalam umbi sehingga tidak heran jika bagian umbinya dapat dikonsumsi oleh manusia. Wortel ini merupakan tumbuhan yang terkenal akan kandungan alpha dan beta karotennya.

Tumbuhan ini memiliki kandungan Vitamin A yang sangat tinggi dan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker yang ganas. Selain itu, wortel juga mengandung lutein yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata Anda.

  1. Kentang

Salah satu tumbuhan yang juga merupakan jenis umbi-umbian dan menyimpan cadangan makanan pada umbinya, yaitu kentang. Kentang merupakan tumbuhan yang berasal dari suku Solanaceae.

Tumbuhan ini memiliki suatu bagian batang yang membesar. Hal itu terjadi karena kentang memiliki cadangan makanan pada umbi batangnya. Maka, tidak heran jika bagian pada tumbuhan kentang yang dapat dikonsumsi manusia adalah bagian umbinya.

Kentang selama ini telah dikenal luas sebagai salah satu sumber makanan yang menghasilkan karbohidrat cukup tinggi. Kentang sering dijadikan sebagai makanan pokok di beberapa negara di Eropa.

Baca Juga:  Begini Teknik Pemupukan Jagung Manis yang Baik dan Benar

Selain itu, di dalam kentang terkandung vitamin B, vitamin C, dan vitamin A yang masing-masing vitamin tersebut akan mendatangkan banyak manfaat dan kebaikan bagi manusia.

  1. Singkong

Tumbuhan lainnya yang juga menyimpan cadangan makanan pada umbinya ialah singkong. Singkong dapat tumbuh secara baik pada medium tanah yang gembur. Jika Anda perhatikan tumbuhan singkong, Anda akan melihat umbinya mengalami pembengkakan. Itu karena tumbuhan ini menyimpan cadangan makanannya di sana.

Oleh karena itu, bagian dari tumbuhan singkong yang dapat dikonsumsi oleh manusia adalah bagian umbinya. Singkong memiliki harga yang murah dan mudah dibudidayakan.

Tanaman ini juga cukup populer di kalangan masyarakat dengan perekonomian menengah ke bawah. Selain itu, singkong juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar makanan dan kue tradisional seperti tiwul dan getuk.