Tumpas Asam Urat dengan Jagung

Pertanianku — Selama ini jagung terkenal sebagai bahan pangan yang sering digunakan sebagai pengganti nasi. Jagung digadang-gadang lebih aman untuk penderita diabetes dan asam lambung. Namun, tahukah Anda, jagung juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

asam urat
foto: Pixabay

Jagung mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang tinggi. Di dalam bahan pangan ini tidak terkandung zat purin berbahaya seperti di dalam kepiting, cumi-cumi, lobster, atau kerang. Zat purin tersebut berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak karena bisa memicu peningkatan asam urat dalam darah. Apabila dikonsumsi secara wajar, kadar asam urat dalam darah akan tetap seimbang (normal). 

Berkut ini cara mengonsumsi jagung yang dapat dilakukan oleh penderita asam urat. 

Dikonsumsi bersama kentang rebus

Jagung rebus yang dikonsumsi bersama dengan kentang rebus dapat mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Kombinasi tersebut mampu membersihkan sela-sela persendian dari penumpukan zat purin.

Dikonsumsi bersama kedelai rebus

Jagung manis rebus yang dikonsumsi bersama dengan kedelai rebus juga dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dan merangsang aktivitas pembentukan asteoblastik, yaitu pembentukan sel-sel tulang. Kombinasi makanan ini tidak mengandung kolesterol dan zat purin sehingga layak disebut sebagai menu sehat harian bagi penderita asam urat.

Dikonsumsi bersama dengan tomat

Jagung baik dijadikan menu makan siang bersama dengan tomat. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi jagungnya saja juga tidak apa-apa. Jagung tersebut mampu menstabilkan asam urat dalam darah. 

Kombinasi jagung dan nasi merah atau susu rendah lemak

Konsumsi jagung rebus bersama dengan nasi merah atau susu rendah lemak sebagai menu makan siang. 

Dikonsumsi bersama yoghurt

Pipil jagung yang sudah direbus, kemudian tambahkan yoghurt dan campur hingga merata. Kedua bahan makanan ini dapat menghasilkan rasa yang lezat dan nikmat. Anda bisa menjadikannya sebagai camilan yang menyehatkan. 

Dikonsumsi bersama selada

Baca Juga:  Resep Jus Buah Sehat untuk Detoks Tubuh

Jagung yang dikonsumsi dengan selada sangat baik dikonsumsi pada sore hari oleh pegiat diet sehat. Jagung mempunyai kandungan karbohidrat dengan kadar gula paling aman, bahkan untuk penderita diabetes sekalipun.