TUMPAS Hipertensi dan Kolesterol dengan AVOKAD


PertaniankuFaktor genetik dan bertambahnya usia membuat seseorang semakin berisiko menderita tekanan darah tinggi dan kolesterol. Selain itu, gaya hidup yang salah seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, kurang olahraga, mengonsumsi makanan dengan kandungan kalori dan lemak tinggi, serta banyak mengandung garam turut mengambil andil atas kasus penyakit ini.

avokad

Segala macam cara dilakukan mulai dari konsultasi ke dokter sampai pengobatan yang memakan biaya tidak sedikit. Padahal, cara ini bisa diatasi dengan mengonsumsi daun avokad. Saat ini, penggunaan daun avokad sudah banyak diresepkan oleh para herbalis untuk menumpas penyakit hipertensi dan kolesterol.

Aktivitas daun avokad dalam menurunkan kadar kolesterol dan low density lipoprotein (LDL) diduga karena adanya zat aktif quersetin yang berkhasiat sebagai antioksidan yang akan menghambat oksidasi LDL sehingga dapat melindungi pembuluh darah. Selain itu, terdapat senyawa sterol yang dapat menghambat absorpsi kolesterol di saluran cerna serta meningkatkan ekskresinya di saluran empedu .

Jika biasanya daun avokad dikonsumsi dalam bentuk air rebusan daun segar atau dikeringkan terlebih dahulu (simplisia). Saat ini, ada yang lebih praktis dengan mengonsumsinya dalam bentuk kapsul. Meskipun kepopuleran daun avokad sebagai tanaman obat masih sedikit yang tahu. Namun, khasiatnya sudah banyak dibuktikan baik secara ilmiah maupun empiris.

Ramuan Atasi Hipertensi

Bahan:

  1. Daun avokad 3—5 lembar
  2. Air panas 1 gelas

Cara meramu

Daun avokad dicuci bersih, lalu diseduh dengan air panas.

Aturan pakai

Setelah dingin, airnya diminum 1 kali sehari masing-masing 1 gelas.

 

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit
loading...
loading...