Tumpas Tuntas Bakteri Bau Badan dengan Daun Beluntas


Pertanianku — Terkadang Anda merasa kurang percaya diri dengan penampilan bukan? Ditambah lagi bau badan yang dipicu oleh bakteri karena banyak aktivitas sehari-hari. Berbagai macam produk bahkan tidak mampu mengatasi masalah yang satu ini. Namun tahukah Anda, daun beluntas mampu menjawab keresahan yang hampir dialami setiap wanita ataupun pria.

daun beluntas
Foto: Shutterstock

Daun beluntas mungkin sudah tidak asing lagi. Layaknya tanaman ciplukan, daun beluntas memiliki beraneka ragam nama, misalnya di Jawa dikenal sebagai luntas dan lamatusa untuk orang-orang Makasar. Selain itu, daun beluntas memiliki khasiat sama dengan daun kemangi yakni sebagai penghilang bau badan.

Ternyata, tumbuhan yang sering digunakan sebagai pagar tanaman ini memiliki khasiat penting lainnya. Yuk, kita simak apa saja khasiatnya.

  1. Sebagai antibacterial extract. Hal ini telah diuji oleh Davis Stout yang dilakukan terhadap bakteri-bakteri dari kelompok patogen penyebab keracunan makanan seperti Escherichia coli, Salmonella typhi, Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus.
  2. Mengatasi bau badan dan bau mulut. Daun beluntas dapat dimakan sebagai lalapan hanya dengan dikukus saja.
  3. Para wanita pasti resah jika masalah yang satu ini datang. Cukup ambil 20 helai daun beluntas dan direbus dengan segelas air bersama dengan 1 akar tapak liman. Ramuan ini dapat diminum 2 kali sehari.
  4. Nyeri haid. 20 helai daun beluntas direbus dengan segelas air kemudian tambahkan sedikit asam atau garam. Ramuan ini mampu meredakan nyeri haid yang sering menyiksa para wanita.

Jadi, Anda sekarang dapat meminimalisir penggunaan bahan kimiawi yang justru membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga:  Legitnya Alpukat Mampu Cegah Penyakit Jantung, Lho!