Turunkan Risiko Diabetes dengan Bluberry dan Apel


Pertanianku – Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ahli di Amerika Serikat menunjukkan fakta terbaru bahwa orang-orang yang suka mengonsumsi blueberry, apel, dan buah pir mampu menurunkan risiko serangan diabetes tipe 2. Di dalam buah-buahan tersebut mengandung flavonoid, senyawa yang dikenal memiliki fungsi menurunkan risiko penyakit jantung atau kanker.

Turunkan Risiko Diabetes dengan Bluberry dan Apel

“Orang-orang yang makan lebih banyak blueberry atau apel, mereka akan memiliki kesempatan lebih kecil untuk terserang diabetes tipe 2,” ungkap An Pan, salah seorang peneliti dari Harvard School of Public Health, seperti yang dikutip dari MSNBC. Hasil penelitian yang telah dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini sejalan dengan penemuan tahun lalu mengenai buah-buahan kaya flavonoid yang mampu mengurangi risiko serangan darah tinggi.

Turunkan Risiko Diabetes dengan Bluberry dan Apel

Tim dari Pan menemukan fakta orang-orang yang mengonsumsi blueberry akan menurunkan risiko sebesar 23% untuk terserang diabetes. Sementara para penggemar apel yang makan lima buah atau lebih dalam seminggu juga menurunkan risiko yang sama sebesar 23%. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut tetap diperlukan karena Pan mengakui pihaknya melakukan penelitian ini hanya dalam skala kecil.

Sementara itu, Dr. Loren Greene, seorang dokter dari New York University yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut pun menambahkan bahwa konsumsi buah secara utuh jauh lebih baik daripada dalam bentuk jus. Sebab jus buah malah justru mampu meningkatkan kadar gula dalam tubuh karena sifat buah yang melepaskan lebih banyak senyawa gula setelah dijus.

Baca Juga:  Cara Paling Mudah Menanam Blueberry dari Biji