Tutorial Budidaya Ikan dan Sayur dalam Ember

Pertanianku — Cara memulai budidaya ikan dan sayur dalam ember (budikdamber) sangat mudah. Anda bisa membeli paket budikdamber yang sudah menyediakan seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan. Saat seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan sudah dipenuhi, kini saatnya Anda memulai budidaya.

budidaya ikan dan sayur
foto: pertanianku

Semai benih sayuran

Ada jenis sayuran yang harus disemai terlebih dahulu seperti cabai, sawi, selada, dan beberapa jenis sayuran lainnya. Benih-benih tersebut harus disemai selama beberapa waktu hingga benih tumbuh dan memiliki 3—4 helai daun.

Loading...

Anda bisa menyemai benih pada pot, tray, atau nampan. Masukkan media tanam seperti kerikil, pasir malang, atau spons. Cipratkan air ke atas media tanam, lalu tutup dengan plastik untuk menjaga kelembapan. Jaga agar media tanam selalu terlihat lembap.

Siapkan ember

Siapkan ember dan masukkan air hingga kira-kira setengah ember agar media air yang dibawa benih bisa dimasukkan ke ember.

Masukkan benih ikan

Ikan yang akan dimasukkan harus diaklimatisasi terlebih dahulu agar tidak kaget dan tingkat kematian benih menurun. Aklimatisasi dilakukan dengan cara memasukkan sebagian air kolam baru ke dalam kantung benih atau memasukkan ikan beserta media air yang ada di dalamnya.

Pemberian pakan

Pakan harus diberikan secara rutin sesuai dengan karakteristik ikan dengan jadwal yang sama. Ikan yang kekurangan pakan akan menjadi kanibal dengan memakan benih ikan yang lain.

Siapkan wadah menanam

Jika Anda menggunakan sayuran kangkung atau bayam, sayuran bisa langsung ditanam tanpa disemai. Siapkan gelas plastik yang sudah ditambahkan kawat agar bisa dikaitkan pada bibir ember. Masukkan media tanam yang sudah terdapat dalam satu paket budikdamber hingga mendekati bibir gelas plastik. Tanam benih sayuran sebanyak 1—3 buah, jangan terlalu banyak agar sayur bisa tumbuh dengan optimal. Untuk satu ember, bisa memuat hingga 10—12 pot gelas.

Baca Juga:  Tips Memilih Bibit Pohon Buah yang Bagus

Pergantian air

Lakukan pergantian air jika air sudah kotor karena penuh dengan kotoran dan pakan yang tidak dikonsumsi. Air yang kotor juga ditandai dengan ikan yang naik ke permukaan.

Panen

Panen sayuran sebaiknya dilakukan pagi hari agar tanaman masih segar. Panen dapat dilakukan dengan cara menggunting sayuran atau disesuaikan dengan jenis tanaman yang ditanam. Untuk sayuran kangkung dapat dipanen dengan cara dipotong agar sisa batangnya masih bisa ditumbuhkan kembali.

Sementara itu, ikan dipanen dengan cara menangkap semua ikan yang dipelihara. Sebelum dipanen, wadah pemeliharaan dikeringkan terlebih dahulu dengan menguras airnya.

foto: petanianku

Untuk memulai budidaya ikan dan sayur yang mudah nan menyenangkan ini, Anda bisa membeli paket budikdamber yang sudah lengkap di Penebar Swadaya. Ada banyak paket yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan budget Anda. Cara pemesanannya mudah, hanya tinggal menghubungi 0813 1888 8180. Anda bisa mendapatkan paket budikdamber dengan harga mulai dari Rp125.000.

 

Loading...
Loading...