Tutorial Cara Menyimpan Cabai agar Tahan Lama

Pertanianku Cara menyimpan cabai bisa dengan menyimpannya dalam ruangan pendingin ataupun di suhu ruangan. Cara-cara ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Berikut ini cara menyimpan cabai agar tahan lama, serta lebih awet dan tidak kering.

Cara menyimpan cabai
Foto: freepik

Di ruhu ruang

Cara ini bisa Anda praktikkan bila ingin menyimpan cabai di suhu ruang biasa. Kelebihan dari cara ini adalah cabai bisa disimpan di mana saja, termasuk ketika tidak ada kulkas. Selain itu, cabai juga tidak cepat kering. Sayangnya, tanpa cara penyimpanan yang benar cabai pada suhu ruang, akan lebih cepat busuk.

Loading...

Langkah pertama adalah bersihkan cabai yang dibeli. Anda juga bisa sekaligus melakukan sorting atau pemilihan terhadap cabai busuk dan cabai yang sudah menjelang busuk. Cara membersihkan cabai bisa menggunakan lap biasa.

Tujuan pembersihan cabai adalah untuk menghilangkan air dan kotoran yang melekat pada kulit cabai. Jika sudah cukup bersih, masukkan ke wadah yang tertutup. Anda bisa menggunakan wadah yang terbuat dari plastik.

Simpan wadah ini pada tempat yang kering dan sejuk. Jangan tutup cabai dengan penutup apa pun agar cabai tidak mudah busuk. Cabai yang disimpan dengan cara ini bisa bertahan hingga 1—2 minggu. Namun, Anda harus memisahkan cabai yang akan busuk karena bisa mengontaminasi cabai lain yang masih segar.

Di suhu kulkas

Jika terdapat lemari pendingin alias kulkas, sebaiknya simpan cabai di dalam kulkas. Suhu yang lebih dingin di kulkas bisa mengurangi kecepatan pembusukan pada cabai dan jenis sayuran lainnya. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, cabai yang disimpan dalam kulkas akan rawan mengering atau membusuk.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memisahkan cabai dari tangkainya. Bersihkan dengan lap untuk menghilangkan air dan kotoran pada permukaan kulit cabai. Air dan kotoran bisa mempercepat pembusukan. Anda tidak perlu mencuci cabai ini.

Baca Juga:  Cara Mudah Pilih Ubi Kualitas ‘Wah’

Siapkan sebuah wadah, baik yang terbuat dari plastik maupun kaca. Lapisi bagian dalamnya dengan tisu kering atau kertas koran. Tujuan pelapisan ini untuk menyerap kelembapan agar cabai tidak basah.

Masukkan cabai ke wadah tersebut dan sisakan sedikit ruang. Jangan masukkan cabai ke wadah hingga benar-benar penuh. Masukkan juga satu siung bawang putih yang sudah dibuka. Fungsinya untuk membantu pengawetan cabai di dalam kulkas.

Tutup wadah tersebut hingga rapat dan masukkan ke kulkas. Namun, jangan masukkan ke lemari pembeku alias freezer.

Loading...
Loading...