Tutorial Pijat Ambing Ampuh Tingkatkan Produksi Susu Ternak

Pertanianku — Selain dari pakan yang berkualitas, ternyata terapi pijat ambing dapat menambah produksi susu kambing hingga 50 persen. Dwi, seorang peternak kambing perah dari kawasan Bogor, Jawa Barat, mengalami kenaikan produksi susu setelah kambing ternaknya diterapi pijat selama satu tahun. Penasaran bagaimana caranya? Simak tutorial yang akan dibahas berikut ini.

pijat ambing
foto: pixabay

Sebelum membaca tutorialnya, ada baiknya Anda mengetahui kenapa pijat ambing berpengaruh terhadap produksi susu. Produksi susu memang tidak akan naik secara signifikan, tetapi secara perlahan, tidak sampai 200 ml per bulan pada masa awal pemijatan. Selain kuantitas air susu yang mengalami kenaikan, kulitas susu kambing ikut menjadi meningkat sehingga harga susu cenderung menjadi naik.

Menurut Ir. Yuni Suranindyah, MS., Ph.D., ahli ternak dari Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dalam ambing ternak terdapat sel-sel sekretorik yang berfungsi untuk menghasilkan susu. Pada kambing yang sedang bunting, sel-sel dalam ambing akan berkembang dalam jumlah banyak.

Loading...

Pijatan yang dilakukan pada ambing akan merangsang kelenjar ambing untuk memproduksi oksitosin dan prolaktin, kedua hormon yang berperan untuk mengatur produksi susu.

Hasil yang diharapkan dari terapi pijat adalah ambing akan membesar dan membulat sehingga dapat menampung susu dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Pemijatan juga perlu diimbangi oleh pemberian pakan yang bergizi agar produksi susu tetap tinggi.

Pakan yang diberikan juga menjadi faktor yang dapat memengaruhi produksi susu kambing. Meskipun bentuk ambing sudah ideal, jika pakan yang diberikan jelek, tidak mendukung kambing untuk memproduksi susu, juga akan sia-sia.

Simak tutorial berikut untuk pijat ambing.

  1. Basahi ambing ternak dengan air yang bersuhu hangat kuku.
  2. Dua telapak tangan memegang ambing dengan posisi jemari dibuka.
  3. Usap ambing dengan melakukan pola putaran dari kanan dan ke kiri dengan sedikit diberi tekanan.
  4. Pijat ambing dengan tekanan rendah dari pangkal hingga ke bagian ujung dekat puting.
  5. Lakukan pijatan berulang dari atas ke bawah sampai ambing terasa kering.
  6. Basuh ambing dengan air bersih, lalu lap dengan handuk basah.
  7. Perah susu kambing dengan menggunakan lima jari, mulai dari telunjuk hingga kelingking.
  8. Akhiri proses pijatan dengan mengoleskan alkohol 70 persen di sekitar puting.
Baca Juga:  Ini Alasannya Ayam Broiler Organik Lebih Sehat

Air suam-suam kuku berfungsi untuk melepaskan lemak yang dapat menyumbat puting ambing. Agar mendapatkan hasil yang optimal, lakukan pijatan ini sebanyak dua kali sehari.

Loading...
Loading...