Ubah Limbah Sabut Kelapa Jadi Pot Bunga

Pertanianku — Sabut kelapa sering kali berakhir hanya menjadi limbah yang menumpuk di pembuangan sampah meskipun masih bisa diolah kembali. Salah satu produk yang dapat dibuat dari limbah sabut kelapa adalah pot bunga. Pot dapat dibuat menjadi model gantung atau pot biasa yang dapat diletakkan di atas meja atau lantai.

sabut kelapa
foto: Pixabay

Sabut kelapa yang digunakan sebagai bahan untuk membuat pot memiliki kelebihan karena dapat menjaga kelembapan tanaman. Fungsi ini cocok sekali untuk tanaman anggrek. Selain itu, sabut tergolong mudah dibentuk sesuai dengan keinginan.

Pot yang terbuat dari sabut juga mengandung banyak kalium, salah satu unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Namun, sabut juga mengandung tannin dalam jumlah yang cukup banyak. Tannin dapat menyebabkan tanaman mati. Oleh karena itu, sabut perlu dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan agar kandungan tanninnya tidak terlalu tinggi.

Pengolahan sabut menjadi pot tanaman hias telah menjadi peluang bisnis yang menarik. Harga jualnya ditentukan dari model, ukuran, dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya. Peminat pot ini datang dari berbagai daerah. Produsen biasanya memasarkan produknya melalui media sosial sehingga mereka dapat terhubung dengan konsumen dengan cara yang mudah. Namun, lokasi pembeli yang jauh biasanya menyebabkan biaya ongkos kirim meningkat.

Usaha pot dari sabut kelapa juga sering terhambat karena persediaan bahan baku yang terbatas. Pasalnya, bahan baku produk ini adalah limbah sisa produksi. Bila produksi mengalami kekurangan bahan baku, produsen pot limbah sabut juga mengalami hal yang sama.

Daya tarik dari produk ini ialah kreativitas dan bahan-bahan ramah lingkungan yang digunakan bila dibandingkan dengan pot plastik. Pot sabut dapat menjadi alternatif para pencinta tanaman hias karena dapat memberikan penampilan baru yang menarik. Selain digantung atau diletakkan di atas rak ataupun lantai, pot juga bisa didesain menjadi vertical garden atau taman dinding.

Baca Juga:  Budidaya Srikaya Jumbo, Daging Tebal dan Biji Sedikit

Tak hanya tanaman hias, tanaman multifungsi seperti pandan pun cocok diletakkan di dalam pot berbahan sabut ini.