Ubi Jalar Bisa Buat Anda Cepat Langsing Lho


Pertanianku — Percaya tidak, kalau ubi jalar bisa membuat Anda langsing dengan cepat? Ubi jalar dulu dikenal sebagai makanan pedesaan, kini telah naik peringkat dan dikenal secara luas di dunia.

ubi jalar
Foto: Pixabay

Hal itu karena telah diketahui bahwa ubi yang rasanya manis dan lezat, aman dikonsumsi oleh hampir semua usia, bahkan untuk bayi yang berusia di atas 6 bulan. Nah, berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki ubi jalar yang bisa Anda manfaatkan sebagai makanan diet sehat.

  1. Tinggi serat

Ubi jalar mengandung serat hampir dua kali lipat dibanding kentang dan memiliki 7 gram serat per porsi. Makanan yang kaya serat akan membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah Anda untuk selalu ngemil. Disamping itu, perut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna serat.

  1. Rendah kalori

Satu porsi ubi jalar mengandung sekitar 90—100 kalori, sedangkan makanan berkalori tinggi seperti kentang biasa berisi sebanyak 300—400 kalori per porsi. Itu sebabnya ubi tergolong lebih efektif untuk membantu Anda kenyang.

  1. Mengandung banyak air

Tubuh merespons makanan yang mengandung jumlah air tinggi dengan lebih baik. Oleh karena itu, makan makanan yang mengandung air tinggi membuat Anda merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan atau ngemil.

  1. Mengontrol gula darah

Ubi jalar mengandung karotenoid yang membantu menstabilkan kadar gula darah dan juga resistensi insulin yang rendah. Senyawa dalam ubi jalar akan meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Baca Juga:  Hoax Soal Air Lemon yang Bisa Sembuhkan Sakit Maag