Ukuran dan Kepadatan Kandang Kelinci

Pertanianku – Selain sebagai tempat berteduh dari teriknya panas matahari dandinginnya udara malam hari, kandang juga berfungsi sebagai tempat berkembang biak. Oleh karena itu, kandang menjadi syarat penting untuk kelangsungan hidup ternak dan pengusaha ternak. Membuat perkandangan dan perlengkapannya sangat dipengaruhi oleh kondisi lokasi, situasi, tingkat usaha, dan modal. Setiap peternak memiliki problem dan tujuan masing-masing.

Ukuran dan Kepadatan Kandang Kelinci

Ukuran kandang sebaiknya disesuaikan dengan jenis kelinci yang dipelihara. Untuk kelinci tipe ringan, ukuran kandang yang diperlukan adalah 120 cm x 75 cm x 40 cm per ekor. Kelinci tipe sedan membutuhkan kandang dengan ukuran 150 cm x 75 cm x 45 cm per ekor. Sementara itu, kelinci tipe berat membutuhkan kandang dengan ukuran 180 cm x 75 cm x 50 cm per ekor.

Loading...

Kandang untuk anak kelinci (kotak beranak) sebaiknya berukuran 50 cm x 30 cm x 45 cm. Kandang yang dipakai sebaiknya berukuran minimal 60 cm x 40 cm untuk seekor kelinci dengan ketinggian 40 cm. Kepadatan kandang bervariasi menurut jenis dan umur kelinci. Namun, secara umum, kandang yang berukuran 200 cm x 70 cm x 70 cm dengan tinggi alas 50 cm cukup untuk 12 ekor betina atau 10 ekor jantan.

 

Sumber: Buku Kelinci Potong

Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Bisnis Sampingan Untung Jutaan
Loading...
Loading...