Ukuran Kandang Domba yang Tepat

Pertanianku — Kandang merupakan tempat tinggal bagi hewan ternak sehingga kandang harus dapat membuat ternak merasa nyaman dan aman. Selain itu, kandang juga berfungsi memudahkan peternak dalam merawat hewan ternaknya. Oleh karena itu, pembangunan kandang domba tidak dapat dilakukan sembarangan.

kandang domba
foto: Pertanianku

Salah satu hal penting dari kandang adalah yang tidak bisa ditentukan secara asal-asalan adalah ukuran kandang. Ukuran kandang domba perlu disesuaikan dengan keadaan atau kebutuhan peternak.

Untuk domba jantan dan betina yang sudah berumur lebih dari 12 bulan atau sudah dewasa membutuhkan kandang dengan ukuran minimal 1—1,5 m2/ekor. Sementara itu, untuk domba yang masih muda berumur antara 7—12 bulan membutuhkan kandang seluas 0,75 m2/ekor.

Domba yang masih berumur di bawah 7 bulan membutuhkan kandang seluas 0,5 m2/ekor. Untuk domba yang menyusui, membutuhkan kandang yang lebih luas, yakni 1 m2/ekor dan ditambah 0,5 m2 untuk tiap anak yang sedang disusui.

Jika di dalam satu kandang terdapat beberapa domba dengan status fisiologis yang berbeda-beda, mulai dari anak domba lepas sapih, domba muda, domba bunting, pejantan, hingga induk yang sedang menyusui, sebaiknya Anda menggunakan sekat untuk memisahkan masing-masing domba. Dengan begitu, Anda dapat membuat ukuran ruang kandang yang sesuai dengan kondisi fisiologis domba.

Sekat tersebut sebaiknya mudah dilepas agar Anda gampang menyesuaikannya dengan kebutuhan. Penggunaan sekat di dalam kandang dapat memberikan Anda banyak keuntungan, seperti memudahkan penyajian pakan sesuai dengan status fisiologisnya. Pasalnya, domba yang masih muda dengan domba yang sedang bunting memiliki kebutuhan pakan yang berbeda-beda.

Pembagian pakan dapat terjadi lebih merata dan sesuai kebutuhan sehingga domba yang masih kecil tidak akan kesulitan untuk mendapatkan pakan. Jika disatukan, biasanya domba yang masih kecil kesulitan mendapatkan pakan karena kalah dengan domba yang berukuran besar.

Baca Juga:  Kenali Faktor Penghambat Usaha Ternak Sapi Potong

Penyekatan juga berguna untuk mencegah terjadinya perkawinan muda akibat domba betina dan pejantan disatukan di dalam kandang. Penyekatan dapat memudahkan Anda mengatur perkawinan berjalan sesuai dengan kondisi.

Pemisahan ruang tersebut tidak akan mengganggu induk yang tengah menyusui. Gangguan tersebut biasanya berasal dari domba-domba lain.