Ukuran Sangkar Burung Kenari yang Tepat

Pertanianku — Sangkar untuk merawat burung kenari harus memiliki ukuran yang tepat, yakni berukuran sedang. Ukuran sangkar burung kenari tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil karena dapat menimbulkan dampak negatif pada burung kenari.

sangkar burung kenari
foto: Pertanianku

Ukuran sangkar yang ideal untuk burung kenari ialah panjang 30 cm, lebar 30 cm, dan tinggi  50 cm. Atau, Anda juga dapat menggunakan ukuran panjang 35 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 50 cm. Ukuran tersebut sudah memberikan ruang gerak yang cukup bagi kenari dan dapat membuat burung terlihat lebih indah.

Umumnya, bentuk sangkar burung yang digunakan oleh hobiis saat mengonteskan burung adalah segi empat. Sangat jarang ada bentuk sangkar lain yang digunakan saat kontes.

Meskipun ukuran tubuh kenari terbilang kecil, Anda tetap tidak disarankan menggunakan kandang kecil. Berikut ini beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan jika ukuran sangkar tidak sesuai.

Sangkar burung terlalu kecil

Ukuran sangkar burung kenari yang kecil dapat membuat ruang gerak kenari menjadi tidak leluasa sehingga kenari menjadi lebih cepat gemuk. Hal ini karena kenari lebih cenderung sering makan tetapi jarang bergerak.

Burung kenari yang gemuk akan malas bergerak dan biasanya juga malas berkicau. Efek samping lainnya yang dapat dialami oleh burung kenari adalah jari-jari kaki kenari menjadi lebih mudah bersisik. Kondisi tersebut tentunya dapat mengurangi daya tarik kenari sehingga jika dijual harga jualnya menjadi turun.

Sangkar burung terlalu besar

Sangkar yang terlalu besar juga dapat menimbulkan efek negatif pada burung kenari. Ukuran yang besar memang dapat membuat ruang gerak burung menjadi lebih luas sehingga burung bisa lebih bebas untuk bergerak. Namun, sayangnya ukuran sangkar yang besar justru malah membuat penampilan burung menjadi kurang bagus karena terlihat tidak cocok dengan burung kenari yang berukuran kecil.

Baca Juga:  Langkah Tepat Mendeteksi Kebuntingan pada Domba

Sangkar burung kenari yang besar sebaiknya hanya digunakan pada burung kenari yang lebih kurus atau saat kenari sedang mengalami proses ganti bulu. Proses ganti bulu dapat berjalan lebih mudah dan sempurna apabila dilakukan pada sangkar berukuran lebih besar.