Ukuran Sangkar Kenari

Pertanianku – Sangkar untuk merawat atau memelihara kenari sebaiknya berukuran sedang, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Walaupun kenari tergolong burung bertubuh kecil, bukan berarti sangkar yang baik untuknya berukuran kecil. Bahkan, sangkar berukuran kecil sebaiknya dihindari. Apabila dipaksakan menggunakan sangkar kecil maka efek sampingnya kurang menguntungkan dan kemungkinan dapat membahayakan.

Ukuran Sangkar Kenari

1) Sangkar terlalu kecil

Apabila sangkar terlalu kecil maka ruang gerak kenari kurang leluasa sehingga kelak kenari cepat menjadi gemuk karena cenderung sering makan. Burung yang gemuk menjadi malas bergerak dan biasanya juga malas berkicau. Efek buruk lain yang bisa terjadi dari penggunaan sangkar kecil yaitu jarijari kaki kenari akan cepat bersisik. Tentunya semua itu sangat tidak menguntungkan karena dapat mengurangi daya tarik kenari.

2) Sangkar terlalu besar

Sangkar yang cukup besar memang baik untuk kesehatan kenari karena menjadi lebih bebas bergerak. Namun, sayangnya sangkar besar kurang memberi daya tarik bila dipandang. Sebaiknya sangkar besar hanya digunakan jika badan kenari dikehendaki lebih kurus atau pada saat kenari mengalami ganti bulu dengan tujuan agar proses pergantian bulunya bisa cepat terjadi dengan sempurna.

3) Sangkar ideal

Ukuran sangkar yang baik untuk merawat kenari dan mudah ditemukan di pasaran adalah panjang 30 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 50 cm atau panjang 35 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 50 cm. Ukuran tersebut sudah cukup memberikan ruang gerak bagi kenari.

 

Sumber: Buku Kenari

 

Baca Juga:  Begini Cara Mengatasi Burung Cucakrawa Stres

loading...