Cara Ampuh Mengatasi Ulat Buah Tomat


Pertanianku – Ulat buah tomat (Heliothis armigera Hubner) memiliki panjang kira-kira 4 cm dan akan semakin panjang jika berada pada tempat yang bertemperatur rendah. Warna ulat bervariasi dari hijau, hijau kekuning-kuningan, hijau kecokelat-cokelatan, kecokelatcokelatan, sampai hitam. Pada badan ulat bagian samping, ada garis bergelombang memanjang, berwarna lebih muda.

Pada tubuhnya kelihatan banyak kutil dan berbulu. Telur berbentuk bulat dan berwarna kekuning-kuningan mengilap. Sesudah 2—4 hari, warnanya berubah menjadi cokelat. Bila dibentangkan, panjang sayap ngengat sekitar 4 cm dan panjang badan 1,5—2,0 cm. Sayap bagian muka berwarna cokelat dan sayap belakang berwarna putih dengan tepi cokelat.

Ulat ini menyerang bagian daun, bunga, dan buah tomat. Bila memakan, ulat ini sering membuat lubang pada buah tomat secara berpindah-pindah. Buah yang dilubangi pada umumnya terkena infeksi sehingga menjadi busuk lunak. Pengendalian terhadap serangan ulat ini bisa dilakukan dengan cara berikut.

a) Pasang perangkap pada ngengat dengan menggunakan cahaya ultraviolet karena ngengat sangat menyukai cahaya tersebut.

b) Kumpulkan, bakar, dan bunuh telur beserta ulatnya.

c) Bersihkan tanaman liar di sekitar areal penanaman tomat.

 

Sumber: Buku Bertanam Tomat dalam Pot

Baca Juga:  Mangga Pulihkan Tenaga? Bagaimana Bisa?
loading...
loading...