Umbi Garut Sangat Berpotensi dan Punya Manfaat Sehat Menakjubkan


    Pertanianku — Umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat dan kegunaan adalah umbi garut (Maranta arundinaceae). Beberapa kegunaan tersebut di antaranya dapat diolah menjadi bahan makanan hingga obat-obatan. Sebagai umbi-umbian, umbi garut tentu memiliki kadar pati yang tinggi.

    umbi garut
    Foto: Google Image

    Olahan utama umbi garut adalah tepung garut karena kandungan patinya cukup tinggi. Tepung garut bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar berbagai olahan makanan seperti kue basah dan kue kering.

    Selain tepung, umbi garut juga banyak diolah menjadi emping garut. Emping garut memiliki wujud yang mirip emping melinjo, tetapi lebih sehat dan memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

    Manfaat lain dari umbi garut ini adalah dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan antara lain untuk obat disentri, obat eksim, dan obat penyembuh borok. Selain itu, umbi garut juga berguna untuk menurunkan demam, memperbanyak ASI, mengatasi diare, serta mengobati tapal luka dari serangan panah beracun. Tidak hanya itu, perasan umbi garut juga dapat dijadikan penawar racun ular dan sengatan lebah.

    Meskipun tanaman ini memiliki banyak manfaat, belum dilakukan pengembangan dalam skala besar. Biasanya, umbi garut hanya dibiarkan tumbuh liar di pekarangan atau hutan, tidak dibudidayakan secara khusus dan teratur. Potensi inilah yang perlu dimanfaatkan karena hasil olahan umbi garut terutama tepung dan emping memiliki pangsa pasar yang cukup besar.

    Baca Juga:  Segudang Manfaat Kacang Pinus yang Menakjubkan